Jakarta (ANTARA) - Jenama Chery Automobile dalam waktu dekat akan meluncurkan mobil listrik Chery OMODA E5 di pasar Indonesia dengan menawarkan desain sporty serta futuristik.

Salah satu faktor yang membuat mobil ini terbilang futuristik ialah kecanggihan yang dapat ditawarkan oleh head unit yang terpasang di bagian dashboard-nya.

Sales Training Supervisor Chery Indonesia Wahyu Handaya menyebutkan memang head unit Chery OMODA E5 dirancang berbeda karena tidak hanya menawarkan akses hiburan seperti mobil biasa tapi juga head unit ini menghadirkan kemampuan mengontrol kendali di mobil.

"Memang sistem head unit ini tidak cuma untuk mengakses musik tapi bisa mengontrol berbagai fitur di kendaraan seperti mengontrol steer, mengatur ADAS (Advanced Driver Assistance System), mengatur rem. Itu salah satu keunggulan Chery," kata Wahyu di Kabupaten Tangerang, Selasa.

Baca juga: Chery OMODA E5 setir kanan bakal debut global di Indonesia

Rupanya fitur-fitur canggih untuk mengontrol Chery OMODA E5 tersebut bisa terwujud berkat kehadiran "otak" berupa chipset otomotif yang dikembangkan oleh Qualcomm yaitu Snapdragon 8155.

Secara umum, chipset Snapdragon 8155 dijelaskan Qualcomm dalam lembar faktanya sebagai platform kokpit otomotif generasi terbaru yang dibangun pada arsitektur 7 nanometer (nm).

Pada Chery OMODA E5 chipset itu memungkinkan head unit dapat terhubung dengan layanan Android Auto dan juga Apple Car Play untuk para pengguna ponsel pintar Android dan iOS.

Selanjutnya dari sisi fitur untuk mengontrol mobil, Snapdragon 8155 menghadirkan cukup banyak fitur ADAS untuk berbagai skenario totalnya ada 17 fitur.
 
Tampilan head unit Chery OMODA E5 versi setir kanan dengan 17 fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang bisa dikontrol langsung dari head unit dengan chipset Snapdragon 8155. Foto ini diambil dalam acara "First Impression Chery OMODA E5" di Kabupaten Tangerang, Selasa (16/1/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Baca juga: Chery janjikan Indonesia bakal jadi basis produksi  untuk setir kanan

ADAS dapat diaktifkan untuk merasakan beberapa fungsi yang bekerja secara otomatis ataupun menjadi fungsi peringatan bagi pengendara saat melaju di jalan.

Contoh fitur peringatan yang hadir misalnya seperti "Blank Spot Detection Assist" dan "Rear Collision Warning", sementara untuk fungsi otomasi contohnya seperti "Autonomous Emergency Braking" dan "Adaptive Cruise Control".

Pada saat dicoba langsung, ANTARA merasakan head unit Chery OMODA E5 terbilang responsif dengan layar sentuh ganda berukuran 24,6 inci. Informasi yang ditampilkan saat berkendara juga komplit.

Salah satu yang menarik perhatian ialah sensor yang menghadirkan kondisi jalanan dengan animasi 3D. Fungsi ini juga bisa membantu pengemudi untuk semakin awas pada kondisi di sekitarnya saat menjalankan kendaraannya.

Keunggulan lainnya yang menambah nilai dari head unit dan juga kesan futuristik Chery OMODA E5 ialah adanya GPS berbasis satelit yang telah build-in di dalamnya.

Sehingga ketika nanti head unit tidak terhubung pada Android Auto maupun Apple Car Play pengendara tetap bisa memanfaatkan fitur GPS tanpa memerlukan internet.

Chery OMODA E5 bakal segera meluncur di Indonesia, bagi anda yang menantikan detail lebih lanjut dapat menemukannya setelah mobil versi setir kanan ini debut di International Indonesia Motor Show (IIMS) 2024 pada 15-25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.


Baca juga: Menguji coba Chery Omoda 5 EV dan mengenal "dalemannya"
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024