Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak delapan desainer lokal ikut berkontribusi dalam pengembangan kendaraan terbaru produksi Toyota, yakni New Kijang Innova.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Masahiro Nonami di Jakarta, Senin, mengatakan sangat mengapresiasi keberadaan putra putri Indonesia yang ikut menyumbangkan ide dalam proyek yang mulai dikerjakan sejak 2010 itu.

"Kami memiliki jajaran direksi orang lokal yang sangat luar biasa dan juga teknisi serta desainer luar biasa, semuanya putra putri Indonesia," katanya.

Masahiro mengungkapkan jumlah penduduk Indonesia yang luar biasa besar adalah salah satu faktor pendorong industri dalam beberapa waktu terakhir.

Oleh karena itu, ia percaya proyek-proyek selanjutnya juga bisa dengan sukses dikerjakan anak bangsa.

"Kita sudah banyak sekali ekspor kendaraan ke regional ASEAN maupun Timur Tengah. Saya yakin kita tidak kalah dengan Thailand maupun Jepang sendiri," ujarnya.

Kedelapan desainer yang ikut berkontribusi dalam pengembangan kendaraan itu mengerjakan desain konsep dimana mereka harus menterjemahkan apa yang disukai dan diinginkan pelanggan untuk selanjutnya dibuat menjadi sketsa.

Sketsa itu kemudian akan diterjemahkan lagi oleh tim desain gambar yang akan bekerja sama dengan pihak manufakturing guna merealisasikan ide konsep.

"Dalam proyek ini, untuk delapan orang tadi, saya fokuskan mereka untuk memperkuat aspek desain konsep," jelas Masahiro.

Kendaraan New Kijang Innova yang dibuat melalui kontribusi delapan desainer lokal ini diubah dari sisi eksterior dan interior dengan penambahan sistem audio canggih, dual airbag dan seatbelt pretensioner dan force limiter untuk melindungi pengemudi.

Perubahan juga dilakukan pada sisi ekterior mobil yang berbentuk lebih besar dan sedikit meruncing di bagian ujung berupa radiator grille, foglamp ornament, back door garnish serta aerokit.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013