Jakarta (ANTARA News) - Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johnny Darmawan menegaskan program mobil murah dan hemat energi atau Low Cost and Green Car (LCGC) adalah demi menjadikan Indonesia sebagai basis produksi otomotif.

"Jadi jangan dilihat dari sudut negatifnya, dengan menganggap Indonesia sebagai production based (basis produksi) semua akan diproduksi di Indonesia," kata Johnny pada peluncuran sebuah produk otomotif di Jakarta, Senin.

Ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat jika Indonesia menjadi basis produksi otomotif, yakni meningkatnya kesempatan bekerja, investasi yang masuk dan volume ekspor.

"Industri otomotif itu tidak jelek, siapa bilang jelek? Industri otomotif itu semua negara menghendaki. Kenapa Thailand bisa jadi negara maju mengalahkan kita? Otomotif salah satunya,"  kata Johnny.

Johnny meminta masyarakat berpikir positif dan tidak menuding program pemerintah itu memperparah kemacetan di ibukota. "Masalah (harga) boros, atau bikin macet itu berpulang lagi bagaimana kita menyelesaikannya dengan kepala dingin dan tangan terbuka," ujarnya.

Menurut Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) ini, ada banyak faktor penyebab kemacetan, selain penggunaan kendaraan pribadi, yaitu pengaturan lalu lintas yang belum maksimal, transportasi publik yang tak sesuai kebutuhan, aturan tidak tegas soal kendaraan tua, dan sosialisasi mengemudi cerdas, serta tatakota Jakarta.

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013