Jakarta (ANTARA) - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) mengumumkan sederet merek yang menjadi pemenang kendaraan terbaik pada ajang Forwot Cars and Motorcycle of the Year 2023 yang berlangsung di Jakarta, Jumat (22/12) malam.

"Seluruh juri telah menentukan pemenang Forwot Cars of The Years dengan memilih satu mobil terbaik dari tiga kategori yang dilombakan," ujar Ketua Dewan Juri Forwot Cars of The Year 2023 Mufrod.

Kategori Mobil Mesin Pembakaran Internal (Internal Combustion Engine) Forwot Cars and Motorcycle of the Year 2023 dimenangkan oleh Chery Omoda 5 dengan poin tertinggi (131 poin), mengungguli Honda HR-V (120 poin), Mitsubishi Xforce (119 poin), Wuling Alvez (100 poin), dan Hyundai Stargazer X (80 poin).
 
Chery Omoda 5 (ANTARA/HO-Chery)


Sedangkan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dan Wuling Air ev berhasil mengalahkan semua lawannya pada kategori Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) pada ajang tersebut.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid meraih 157 poin, diikuti Wuling Almaz RS Hybrid (103 poin), Honda CR-V e:HEV (98 poin), Suzuki Grand Vitara Hybrid (97 poin), dan Suzuki XL7 Hybrid (95 poin).
 
Arsip foto - All New Kijang Innova Zenix Hybrid diluncurkan di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Senin (21/11/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)


Sedangkan Wuling Air ev berhasil meraup 129 poin, mengalahkan Hyundai Ioniq 6 (116 poin), Toyota bZ4X (105 poin), Kia EV6 GT-Line (101 poin), dan Neta V (99 poin).

Penilaian 25 mobil favorit atau babak final diberikan oleh 21 juri inti yang berasal dari anggota Forwot dan memenuhi persyaratan yakni 80 persen mengendarai kendaraan yang menjadi finalis.

"Dengan adanya penetapan mobil-mobil terbaik versi Forwot, diharapkan akan memacu dan dapat menjadi pendorong industri otomotif Indonesia dalam memberikan produk-produk berkualitas baik bagi para konsumen dalam negeri maupun mancanegara," kata Mufrod.

Sementara pada kategori sepeda motor, Yamaha XMAX Connected keluar sebagai pemenang pada kategori Sepeda Motor Mesin Pembakaran Internal. XMAX Connected menjadi yang teratas dengan Raihan 154 poin, disusul oleh Honda ADV160 (109 poin), Suzuki V-Strom 250 SX (106 poin), Aprilia SR-GT 200 (87 poin), dan Vespa GTV 300 (69 poin).
 
Yamaha XMAX Connected. (ANTARA/Chairul Rohman)


Pada kategori Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai, Alva Cervo menjadi pemenang dengan mengantongi 142 poin. Alva Cervo mengalahkan Yadea E8S Pro (102 poin), Vespa Elettrica (101 poin), Gesits Raya G (91 poin), Polytron Fox-R (89 poin).

“Seluruh juri yang terlibat dalam Forwot Motorcycles of the Year 2023 merupakan jurnalis- jurnalis berpengalaman, sehingga penilaian yang dilakukan benar-benar objektif," kata Ketua Dewan Juri Forwot Motorcycles of the Year 2023 Ainto Harry Budiawan.

Setiap juri memberikan penilaian berdasarkan desain, kenyamanan, keselamatan, performa, handling, fungsionalitas, pengalaman berkendara serta harga.

Dalam setiap penilaian kategori, masing-masing juri dibekali 25 poin yang harus dibagikan ke para finalis. Juri diperkenankan memberikan 10 poin hanya kepada satu model pada setiap kategori.

Kategori Hybrid dan BEV merupakan kategori-kategori yang baru, sebagai respon Forwot terhadap tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia

“Lewat penghargaan ini, kami ingin mengapresiasi para produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi yang harapannya bisa membantu pencapaian target pemangkasan emisi dan menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” ujar Ketua Umum Forwot Indra Prabowo.

Baca juga: Alva resmi dirikan Experience Center di Semarang

Baca juga: Pemerintah stop subsidi, pabrikan EV di Jerman berikan subsidi mandiri

Baca juga: Deret kendaraan listrik canggih yang diproyeksikan hadir tahun depan

Baca juga: Indonesia harus terbuka dengan semua peluang demi mencapai NZE di 2060
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023