Jakarta (ANTARA) - Penjualan produk Suzuki pada aplikasi MySuzuki di tahun 2023 meningkat hingga 79 persen dibandingkan penjualan periode yang sama di tahun 2022.

“Pertumbuhan positif ini dicatat mencapai angka peningkatan 46 persen untuk penjualan suku cadang sepeda motor dan mobil jika dibandingkan dengan Oktober 2023, dan peningkatan sebanyak 79 persen tahun ke tahun,” ujar Spare Parts Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Christiana Yuwantie melalui rilis pers, Kamis.

Data akumulasi yang dikumpulkan melalui data pemesanan MySuzuki sejak pertama kali diluncurkan tahun 2018 menunjukkan bahwa pemesanan suku cadang terbanyak masih didominasi oleh sepeda motor dengan kontribusi sebesar 59,79 persen, sedangkan untuk mobil sebesar 40,12 persen, dengan catatan bahwa layanan penjualan suku cadang sepeda motor mulai dilayani sejak tahun 2018 dan mobil pada tahun 2020.

Baca juga: Suzuki imbau pelanggan pakai suku cadang asli prioritaskan keselamatan

Dari catatan Suzuki Indomobil Sales, penjualan suku cadang melalui MySuzuki dikuasai oleh wilayah luar Jabodetabek. Khusus sepeda motor, pemesanan tertinggi dikuasai oleh wilayah Jawa Barat dan disusul Jawa Timur, DKI Jakarta, hingga Banten. 

Sementara untuk mobil, pemesanan Suzuki didominasi oleh wilayah Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, dan disusul Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Distribusi yang merata hingga ke luar Jabodetabek dan luar pulau Jawa dapat direalisasikan berkat dukungan jaringan diler resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia. Terhitung hingga kini, jaringan distribusi dan pelayanan di MySuzuki didukung oleh 47 diler mobil, 17 diler motor, dan 4 diler Outboard-Motor (OBM).

MuSuzuki merupakan solusi digital pembelian suku cadang asli Suzuki yang telah menjangkau pelanggan seluruh Indonesia. Aplikasi tersebut mencakup layanan pembelian suku cadang, aksesoris, genuine oil & chemical, hingga layanan booking service secara daring.

Christiana mengatakan, pencapaian penjualan tersebut diyakini berkat kelengkapan layanan, kemudahan transaksi, dan kepastian kedatangan pesanan pelanggan yang dapat dilacak sekaligus dalam satu aplikasi pintar.

“Pada era digital ini, kami melihat bahwa perilaku masyarakat mulai berubah ke arah pemanfaatan teknologi yang menjangkau hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Menyadari perubahan ini, Suzuki beradaptasi dengan menghadirkan MySuzuki, teknologi digital yang dapat memproses kebutuhan pembelian suku cadang atau servis secara cepat kepada jaringan diler Suzuki terdekat,” Christiana menambahkan.

Baca juga: Penjualan Suzuki di GIIAS Semarang lampaui 46 persen dari target

Baca juga: Honda catat peningkatan penjualan pada November

Baca juga: Ekspor kendaraan Toyota Indonesia tembus 2,5 juta unit
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023