Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif yang fokus pada pengembangan kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla tengah berjuang untuk menghadirkan pengisian daya nirkabel seperti yang ada pada ponsel pintar.

Menurut kepala desainer perusahaan Franz von Holzhausen dan VP Teknik Kendaraan Lars Moravy, pengisian daya nirkabel saat ini sedang dalam pengerjaan.

"Oh, kami sedang mengerjakan pengisian daya induktif. Jadi Anda tidak perlu mencolokkan apa pun pada saat itu. Anda cukup menarik garasi Anda, berkendara di atas pad, dan Anda sedang mengisi daya,” kata Holzhausen seperti yang disiarkan oleh Arena EV, Selasa (19/12).

Tesla telah menunjukkan prestasi seperti itu sebelumnya pada pertemuan dengan investor Maret. Meski begitu, pernyataan itumenjadi konfirmasi langsung yang didapatkan dari para eksekutif perusahaan mereka sedang mengembangkan perangkat pengisi daya nirkabel.

Perangkat pengisi daya nirkabel diperkirakan tidak akan mengubah durasi pengisian daya kendaraan listrik. Hal itu akan menjadi keunikan tersendiri karena para pemilik tidak perlu lagi menempatkan port pengisian daya mobil di sisi yang sama dengan pengisi daya dinding.

Pengisian daya nirkabel akan dapat menjadi perubahan besar jika produsen teknologi menyediakan fasilitas itu di tempat parkir umum, seperti area pengisian daya umum untuk kendaraan listrik saat ini.

Baca juga: Tesla tarik 2 juta unit kendaraan akibat masalah keamanan autopilot

Baca juga: Lotus tantang Tesla melalui stasiun pengisian cepat  450kW

Baca juga: China bangun 20.000 tiang pengisian daya di rest area jalan tol

Baca juga: NETA-PT PLN siapkan ragam fasilitas pengisian kendaraan listrik

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023