Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Motors Corporation baru saja memperkenalkan kepada dunia sebuah electrified crossover MPV yaitu Mitsubishi D:X Concept pada ajang Japan Mobility Show 2023 yang didesain untuk mengisyaratkan Delica masa depan.

Mitsubishi D:X Concept merupakan sebuah mobil konsep MPV crossover elektrifikasi yang mewujudkan kekhasan Mitsubishi Motors dan menginspirasi rasa petualangan.

"Mitsubishi D:X Concept adalah sebuah mobil konsep yang menggabungkan teknologi terbaik Mitsubishi Motors khususnya teknologi elektrifikasi dan all-wheel control untuk mewujudkan masyarakat netral karbon. Kami akan terus memberikan gaya hidup mobilitas yang membangkitkan semangat petualang pengemudi dan memberikan kegembiraan bagi semua orang di dalamnya," kata President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Takao Kato lewat keterangan tertulis, Rabu.

Mitsubishi D:X Concept diklaim menggabungkan ruang kabin yang nyaman, menyenangkan, dan lapang dari sebuah MPV dengan pengendalian jalan yang luar biasa dari sebuah SUV, sekaligus memberikan performa berkendara yang bertenaga dan nyaman dari sebuah PHEV.

Baca juga: Mitsubishi Motors siap debut mobil konsep electrified crossover MPV

Mewarisi interior lapang dan keselamatan tingkat tinggi dari Delica serta membawanya ke masa depan, Mitsubishi D:X Concept menghadirkan kabin yang sangat lega dan bodi pelindung agar tetap aman berdasarkan konsep desain "Ruang Maksimum dan Keselamatan untuk Manusia, Off-Roader Maksimal untuk Petualangan Tanpa Batas".

Karakter Delica terlihat dari grafis jendela samping yang memanjang dari depan kabin hingga pilar D dengan pilar D yang kokoh. Selain itu, kelapangan tercipta dari jendela depan yang membungkus hingga ke bawah.
Electrified crossover MPV Mitsubishi D:X Concept yang didesain untuk mengisyaratkan Delica masa depan. (ANTARA/HO/MMKSI)


Spatbor atas yang kokoh dan ban berdiameter besar memberikan kesan kuat, sedangkan pelat selip depan dan belakang serta pelindung pijakan samping memberikan kinerja jalan yang sangat baik sehingga memungkinkan berkendara aman dan terjamin, bahkan di kondisi jalan yang kasar.

Konsep desain tampak depan Dynamic Shield yang memberikan kinerja dan perlindungan kuat bagi manusia dan mobil telah dikembangkan lebih lanjut untuk melindungi kabin dengan pelindung terintegrasi yang memanjang dari samping. Hadirnya pelat selip memberikan rasa perlindungan yang lebih baik.

Lampu laser proyeksi digunakan untuk lampu berbentuk T khas yang memanjang ke kedua ujungnya untuk menghasilkan kesan lebar. Selain itu, lampu terang yang menerangi jalan memungkinkan pengemudi menilai kondisi jalan di depan secara akurat untuk ketenangan pikiran bahkan di jalan sempit.

Warna bodi Mitsubishi D:X Concept tembaga mewah yang terinspirasi dari glamping dengan tekstur semi-gloss baru yang memancarkan kesan berkualitas.

Interior monobox luas memberikan ruang yang lebih untuk seluruh penghuninya. Kursi panorama yang berputar dan bergerak ke atas dan ke bawah, serta jendela depan dan kap tembus pandang memberikan bidang pandang terbuka dan luas menciptakan kokpit udara. Kursi panorama juga dapat digerakkan ke atas dan ke bawah untuk posisi duduk yang optimal.

Baca juga: Mitsubishi siapkan edisi petualang pada ajang Tokyo Auto Salon
 
Electrified crossover MPV Mitsubishi D:X Concept yang didesain untuk mengisyaratkan Delica masa depan. (ANTARA/HO/MMKSI)


Posisi mata yang tinggi memastikan visibilitas ke depan membuat berkendara lebih mudah dan menciptakan rasa keterbukaan. Saat istirahat, kursi depan dapat diputar ke belakang untuk menciptakan ruang interior agar semua penumpang dapat menikmati percakapan.

Kap tembus pandang yang memanjang dari kaca jendela depan hingga ke bawah menampilkan kombinasi informasi seperti kondisi permukaan jalan di depan dan sudut belok ban depan. Bidang pandang yang terbuka dan luas disediakan, memungkinkan pengalaman berkendara dengan ketenangan pikiran.

Hadirnya fitur suara interaktif AI concierge memberikan informasi tentang rute ke tujuan, kondisi cuaca, dan informasi lainnya untuk membantu memastikan pengalaman berkendara yang aman dan bebas stres.

Kesan premium diberikan oleh kulit asli berwarna cokelat yang digunakan pada panel instrumen dan jok, sedangkan bagian logam berwarna abu-abu alumit digunakan sebagai aksen untuk mengekspresikan kesan perlengkapan berkualitas tinggi.

Sebuah sistem suara generasi baru dikembangkan kerja sama dengan Yamaha Corporation. Untuk menghasilkan suara tiga dimensi yang bertenaga, banyak speaker diposisikan di sandaran kepala dan lokasi lain yang sesuai. Seluruh penumpang dapat menikmati pengalaman musik yang berkualitas dan imersif sehingga menambah seru petualangan sekaligus memberikan kenyamanan menenangkan saat istirahat.

Baca juga: Mengenal SHERP, ATV serba bisa bermesin diesel
 
Electrified crossover MPV Mitsubishi D:X Concept yang didesain untuk mengisyaratkan Delica masa depan. (ANTARA/HO/MMKSI)


Bagian pilar, termasuk pilar D yang kokoh, dibuat menggunakan rangka tulang rusuk yang diperkuat dengan struktur kerangka melingkar yang dikenal dengan kinerja keselamatan luar biasa yang dihasilkan pada Delica D:5. Hal ini memungkinkan keselamatan tingkat tinggi dan interior luas yang menyelimuti penghuninya dengan rasa aman.

Sistem kontrol dinamika kendaraan terintegrasi S-AWC diadopsi untuk sistem 4WD listrik. Ini memberikan perjalanan aman, terjamin, dan nyaman dalam segala cuaca atau kondisi jalan sehingga memungkinkan pengemudi untuk memulai berbagai petualangan dengan tenang.

Sistem ini memungkinkan penanganan yang menyenangkan dan tepat bagi pengemudi sekaligus menawarkan kenyamanan berkendara dengan sedikit goyangan bagi penumpang. Meskipun memiliki desain monobox yang menonjol, Mitsubishi D:X Concept memberikan pengalaman berkendara seperti kendaraan penumpang standar.

Mitsubishi D:X Concept menggunakan sistem PHEV ramah lingkungan yang menawarkan mode EV untuk penggunaan sehari-hari dan mode hibrida untuk perjalanan jarak jauh. Mode berkendara yang berbeda dapat dipilih sesuai kondisi menjadikan mobil siap untuk segala jenis petualangan.

Baca juga: Mitsubishi bisa kembali ke pasar van pakai model Renault Trafic
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023