Nanjing (ANTARA) - Zona demonstrasi jaringan integrasi kendaraan ke jaringan (Vehicle-to-grid/V2G) terbesar di China telah beroperasi di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, China timur.

Zona tersebut dapat mengalirkan listrik ke jaringan listrik pintar dari 50 kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) secara bersamaan.

Menurut State Grid Jiangsu Electric Power Co. Ltd., para pemilik NEV dapat menerima subsidi dengan mengirimkan daya yang tidak terpakai di kendaraan mereka ke jaringan listrik melalui tiang pengisian daya (charging pile) di pusat demonstrasi.

Pada tahap pembangunan kedua, pusat tersebut diharapkan dapat menambah charging pile yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya 144 kendaraan dan pemakaian 50 kendaraan, serta layanan penggantian baterai untuk 400 kendaraan sekaligus.

Duan Meimei, dari pusat layanan pemasaran tenaga listrik State Grid Jiangsu, mengatakan bahwa tujuan dari jaringan pintar ini adalah untuk menyesuaikan beban daya bagi pengisian daya kendaraan listrik, dan mendorong pemilik kendaraan listrik untuk menjual listrik dalam baterai mobil ke jaringan listrik pada saat permintaan tinggi dan mengisi daya baterai mereka pada waktu di luar jam sibuk. 
Pewarta:
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023