Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia membentuk ekosistem kendaraan listrik bernama Toyota xEV Ecosystem, yang akan menyediakan fasilitas mulai dari penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tol Trans-Jawa hingga outlet Toyota seluruh Indonesia.

“Toyota xEV Ecosystem hadir dalam bentuk fasilitas charging spot untuk kendaraan elektrifikasi Toyota dan Lexus jenis BEV dan PHEV secara gratis di 50 outlet Toyota yang akan terus bertambah hingga 200 sampai akhir 2023,” ujar Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Toyota xEV Ecosystem dibangun untuk menyokong mobilitas kendaraan elektrifikasinya yang terdiri dari Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Merupakan bagian dari Total Mobility Solution, Toyota xEV Ecosystem menyediakan fasilitas tempat pengisian daya di dealer Toyota berdaya 22 kW, Privilege Charging Spot, dan Privilege Parking Spot yang mudah diakses, aman, dan nyaman, disiapkan di berbagai area publik.

Privilege Charging Spot Toyota xEV Ecosystem. (ANTARA/HO/PT TAM)

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota. Tempat pengisian daya itu tersedia di ASHTA Mal di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, berupa satu unit Ultra Fast Charger 120 kW dan dua unit AC Charger Type 27 kW dapat dimanfaatkan secara gratis.

Dengan tambahan total delapan titik parkir, Privilege Parking Spot merupakan area parkir yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota.

Selain itu, Anton menyebut, Toyota xEV Ecosystem juga disiapkan di area publik untuk memberikan kemudahan dan mendukung gaya hidup pelanggan, termasuk SPKLU dengan spesifikasi pengisian daya cepat (Ultra Fast Charging Spot) di rest area Jalan tol Trans-Jawa.

Rencananya, fasilitas SPKLU di Trans-Jawa akan dilengkapi dengan unit DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120 kW.

“Penyediaan fasilitas tersebut di tol Trans-Jawa ini demi meningkatkan daya jelajah xEV Toyota,” ujar Anton.

Direktur Pemasaran PT TAM Fumitaka Kawashima menjelaskan Toyota xEV Ecosystem akan terus dibangun untuk melengkapi seluruh outlet Toyota di seluruh Indonesia dengan fasilitas charging spot berdaya 22 kW, dan pemasangan sekitar lima unit UFC di outlet Toyota di sekitaran pulau Jawa, paling lambat di hingga 2025.

“Sejalan visi Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, kami akan menambah lokasi dan fasilitas Toyota xEV Ecosystem untuk mendukung mobilitas pelanggan dan supaya lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon,” imbuh Fumitaka.

Baca juga: TAM pamerkan Rangga Concept pada ajang IMX 2023

Baca juga: Toyota ungkap 70 persen pasar meminta mobil hybrid

Baca juga: Hyundai kembangkan stasiun pengisian mobil listrik di Indonesia

Baca juga: PLN Jakarta layani 21.461 transaksi pengisian listrik dari 44 SPKLU

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023