Jakarta (ANTARA News) - PT. Mazda Motor Indonesia (MMI) resmi meluncurkan sedan premium All New Mazda 6 yang telah mengadopsi teknologi SKYACTIV untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Model itu mengadopsi semua elemen teknologi SKYACTIV-G, SKYACTIV-driven SKYACTIV chassis dan SKYACTIV-body.

"Ini (All-New Mazda 6) adalah model ke dua yang mengadopsi teknologi SKYACTIV setelah Mazda CX-5 dengan efisiensi bahan bakar lebih irit 10 persen," kata Presiden Direktur PT. Mazda Motor Indonesia Keizo Okue ketika menggelar jumpa media di Jakarta, Rabu.

Model itu menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.5 liter dan transmisi enam percepatan otomatis dengan dua teknologi unggulan yaitu i-stop dan i-eloop. Keunggulan i-stop dapat menghidupkan dan mematikan mesin hanya dalam 35 detik ketika kendaraan berhenti. Teknologi i-eloop adalah sistem pengereman regeneratif untuk menghemat energi dan bahan bakar dengan cara menyimpan energi listrik di dalam kapasitor.

"Teknologi i-stop dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan daya yang tersimpan dalam kapasitor dapat menjadi sumber tenaga perangkat elektrik yang terdapat di dalam mobil," katanya.

Fitur-fitur unggulan lainnya yaitu smart city brake support. Fitur itu akan mengerem secara otomatis, jika mobil terlalu kencang mendekati mobil di depannya. Fitur itu akan berfungsi dalam kecepatan 4-30 km/jam.

Fitur Lane Departure Warning System yang akan memberikan peringatan suara, jika mobil keluar jalur tanpa dan di bawah 60/KM jam. Fitur Rear Vehicle Monitor dapat mendeteksi dan menginformasikan ke pengemudi jika ada kendaraan yang mendekat dari arah belakang, baik yang muncul dari sisi kiri dan kanan.

Sejak 2002, Mazda 6 sudah terjual 2.4 juta unit di dunia. All-New Mazda 6 tersedia dalam lima pilihan warna sould red metallic, snowflake white pearl, alumunium metallic, meteor grey mica dan jet black mica. Mazda Indonesia menjual model itu senilai Rp535 juta otr dengan target penjualan sebanyak 200 unit pada tahun ini.
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013