Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali menggelar Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) dalam upaya mencetak teknisi andal kelas dunia.

ITGP, yang pertama kali dihelat pada tahun 2000, merupakan program pembinaan keahlian bagi para teknisi Yamaha se-Indonesia, bagian dari Yamaha Technical Academy (YTA) untuk memotivasi teknisi terus berkarya. 

"Teknisi sebagai garda terdepan menjadi kunci utama dalam layanan after sales (purnajual) Yamaha. Keunggulan teknisi Yamaha juga diasah melalui pembinaan dan edukasi, salah satunya melalui Indonesia Technician Grand Prix," ujar Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti di Jakarta, Rabu.

Baca juga: PT YIMM kembali gelar ITGP yang ke-17

Kontes itu merupakan bagian dari upaya Yamaha untuk mempertahankan kualitas para teknisi dan mencetak teknisi-teknisi handal kelas dunia yang mampu menguasai teknologi terkini dan beradaptasi dengan kebutuhan konsumen yang semakin berkembang.

Kompetisi dimulai dari tingkat daerah yang disebut kontes teknisi regional, diselenggarakan di 24 Pusat Pelatihan Yamaha di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, lebih dari 8.000 teknisi Yamaha ikut serta dan 26 teknisi terbaik hadir pada final ITGP di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta, Rabu.

Tema ITGP 2023 adalah “Being Trust and Commit” yang bermakna mendapatkan kepercayaan konsumen melalui komitmen memberikan pelayanan terbaik.

”Yamaha Indonesia berkomitmen selalu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen," ucapnya.

Pada kontes ITGP kali ini, para teknisi finalis menggunakan Xmax Connected, produk terbaru Yamaha yang memiliki teknologi diklaim canggih dan inovatif.
Mereka berkompetisi dalam dua fase, yaitu fase satu meliputi tes pemeriksaan dan pengukuran, lalu fase dua mencakup praktek yaitu penerimaan, penyelesaian masalah dan penyerahan.

Praktek penerimaan terkait komunikasi dan konseling kepada konsumen saat mengunjungi bengkel resmi Yamaha untuk melakukan perbaikan dan perawatan sepeda motor. Kemudian penyelesaian masalah berhubungan dengan penanganan masalah-masalah pada sepeda motor, sedangkan penyerahan terkait penjelasan mengenai hasil servis motor dan sekaligus penyerahan motor konsumen.

Baca juga: Ini alasan Yamaha Indonesia tidak tanam sistem ABS di Grand Filano

Keluar sebagai juara pertama ajang Indonesia Technician Grand Prix 2023 adalah Geraldy Gautama Ali, yang merupakan teknisi dari dealer Sentral Yamaha, Bangka. Juara kedua Dhebby Aghata Satrio Bahari, teknisi dealer SIP Gondang Legi, Malang, dan juara ketiga adalah Pegi Andiansyah, teknisi dealer Mekar Motor, Bogor.

Juara pertama ITGP 2023 akan diundang ke ajang Yamaha global, yaitu Global Ceremony “National Technician Grand Prix (NTGP)” atau “Penghargaan Teknisi Terbaik Dunia” yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2023 di Yamaha Motor Corporation Jepang.

Baca juga: Yamaha optimistis tatap pasar sepeda motor Indonesia 2023

Baca juga: Suzuki Indonesia kenalkan Avenis 125cc seharga Rp30 juta

Baca juga: Honda targetkan bawa 7 jenis motor listrik ke Indonesia hingga 2030
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023