Jakarta (ANTARA) - Grup Volkswagen telah mencapai tonggak penting dengan meluncurkan 1 juta mobil listrik berbasis arsitektur Modular Electric Drive (MEB), yang merupakan platform khusus untuk kendaraan listrik (EV).

Platform MEB memainkan peran penting dalam strategi elektrifikasi keseluruhan merek. Platform ini menjadi dasar bagi beberapa model dari berbagai merek di bawah grup otomotif ini, termasuk Audi, Cupra, Skoda, Volkswagen, dan Volkswagen Commercial.

Platform MEB adalah arsitektur modular yang digunakan oleh beberapa merek mobil di bawah Volkswagen AG. Selain itu, dengan menggunakan platform ini, kendaraan listrik dibangun di delapan pabrik yang berbeda di seluruh dunia.

Baca juga: Van listrik VW ID.Buzz 2024 mulai debut awal Juni di Amerika Serikat

Volkswagen AG mengumumkan melalui akun resmi Twitter-nya bahwa tonggak produksi 1 juta mobil listrik telah tercapai dengan bantuan lima mereknya, yaitu Audi, Cupra, Skoda, Volkswagen, dan Volkswagen Commercial.

Diperkenalkan secara resmi pada tahun 2018, platform MEB memainkan peran kunci dalam strategi mobilitas listrik Volkswagen AG. Dengan bantuan platform ini, produsen mobil Jerman itu telah berhasil mempercepat strategi ekspansi kendaraan listriknya dan saat ini menjadi tulang punggung bagi berbagai mobil listrik.

Sebanyak 14 kendaraan listrik dari berbagai merek saat ini menggunakan platform MEB, mulai dari Audi Q4 e-tron hingga Volkswagen ID.7.

Menariknya, selain Volkswagen AG, Ford juga menggunakan versi modifikasi dari platform MEB untuk crossover listrik Explorer mereka. Fisker juga sedang dalam negosiasi dengan Volkswagen untuk menggunakan platform MEB untuk SUV listriknya yang bernama Ocean. Namun, kesepakatan antara Volkswagen dan Fisker tidak terwujud.

Kendaraan yang menggunakan platform MEB ini dilengkapi dengan dua motor listrik yang berbeda yakni motor sikat permanen magnet APP 310 yang mampu menghasilkan torsi hingga 310 Nm dan motor AP 550 yang lebih baru yang dapat menghasilkan torsi sebesar 550 Nm.

Grup otomotif Jerman itu saat ini sedang mengerjakan iterasi berikutnya dari platform MEB yang akan dikenal sebagai MEB+. Versi ini akan memiliki kecepatan pengisian yang lebih tinggi dan menawarkan jangkauan yang lebih baik daripada platform MEB saat ini. Demikian
disiarkan Hindustan Times, Kamis (22/6).

Baca juga: Volkswagen Beetle akan dihidupkan kembali untuk sebuah film

Baca juga: Empat perusahaan tarik 54 ribu lebih kendaraan karena komponen rusak

Baca juga: Volkswagen rilis Golf R 333 edisi khusus
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023