Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford resmi menghadirkan Cologne Electric Vehicle Center di Niehl, Jerman, yang akan dijadikan rumah produksi kendaraan listrik (EV) mereka.

Cologne Electric Vehicle Center ini akan menempati tempat bersejarah di Niehl, yang diharapkan dapat menghadirkan kendaraan masa depan untuk Ford nantinya.

Inside Ev pada Selasa, mengabarkan bahwa pabrik tersebut akan membangun kendaraan penumpang listrik Next Generation. Pabrik itu juga diharapkan akan dapat menghasilkan 250.000 EV setiap tahunnya.

Model pertama yang akan dibangun di Ford Cologne Electric Vehicle Center adalah SUV Explorer, berbasis platform MEB mulai tahun ini. Pada pertengahan 2024, Ford merencanakan memproduksi kendaraan sports crossover yang diharapkan bakal menjadi varian SUV-coupe dari Explorer dengan platform yang sama.

Pabrik seluas 125 hektare ini bakal menampilkan lini produksi baru, perakitan baterai, serta perkakas dan otomatisasi yang terbilang sangat canggih.

Ford mengatakan Cologne EV Center akan menjadi pabrik perakitan netral karbon pertama yang dibuka secara global sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk mencapai netralitas karbon di seluruh fasilitas, logistik, dan pemasok langsungnya di Eropa pada 2035.

"Pembukaan Cologne EV Center adalah awal dari generasi baru manufaktur bersih dan kendaraan listrik di Eropa. Fasilitas ini sekarang akan menjadi salah satu pabrik yang paling efisien dan bertanggung jawab terhadap lingkungan di seluruh industri. Saya sangat senang untuk terus bekerja menuju titik nol masa depan emisi untuk anak cucu kita," kata Ketua Eksekutif, Bill Ford.

Inti dari Cologne EV Center adalah kemajuan digital yang menghubungkan mesin, kendaraan, dan pekerja. Pabrik akan menerapkan mesin belajar mandiri, sistem transportasi otonom, dan manajemen data besar secara real time untuk meningkatkan efisiensi proses produksi.

Situs ini juga akan menampilkan robot kognitif dan kolaboratif baru, serta solusi augmented reality, yang akan mendukung pekerja manusia.

Baca juga: Melibas pegunungan Sa Pa Vietnam dengan Next-Gen Ford Ranger Raptor

Baca juga: Mobil baru Ford di tanah air hingga tips hemat saat berlibur

Baca juga: Ford hadirkan Everest 2023 untuk bersaing dengan Pajero dan Fortuner
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023