Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat Indonesia (PERTAABI) bekerja sama dengan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) melalui lini merek Mobil Lubricants mengadakan seminar untuk memberikan edukasi terhadap pemanfaatan energi terbarukan.

Kegiatan yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan itu  bertujuan untuk mengedukasi tentang penggunaan teknologi serta pemilihan lubrikasi yang tepat sebagai dasar pengelolaan aset perusahaan kelas dunia.

“Terima kasih atas kerjasama yang terjalin antara PERTAABI dan PT EMLI dalam mengadakan kegiatan seminar nasional yang bertajuk energi baru dan terbarukan sebagai prospek energi untuk kedepannya," ujar Direktur PERTAABI Rochman Alamsjah dalam rilis pers, Jumat.

Rochman mengatakan seminar tersebut berjalan baik karena kajian yang diberikan memberikan ilmu mengenai teknologi, yang berkaitan dengan energi baru dan terbarukan, serta mendapat antusiasme tinggi dari peserta di Makassar.

Rochman berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang optimal, nilai tambah, dan juga meningkatkan kompetensi para peserta dengan kemampuan untuk energi baru dan terbarukan.

Presiden Direktur PT EMLI Syah Reza mengatakan seminar tersebut digelar sebagai wujud komitmen untuk mendukung organisasi-organisasi tambang dan alat berat, dalam rangka meningkatkan kemampuan mereka dalam mengoperasikan dan pemeliharaan alat berat.

"Kami juga sangat senang bekerja sama dengan PERTAABI dalam pelaksanaan acara ini, kami berharap semoga ke depannya bisa terus menyelenggarakan kegiatan yang sama untuk mendukung kemajuan bangsa kita," kata dia.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh 180 peserta yang berasal lebih dari 40 perusahaan yang tersebar di hampir seluruh penjuru nusantara, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

PT EMLI dan PERTAABI menghadirkan berbagai narasumber yang ahli dan kompeten dalam memberikan edukasi mengenai peranan teknologi dan pelumas dalam mengoptimalkan kinerja dan operasional di sektor industri pertambangan seperti nikel, batu bara, bauksit, dan alat berat, serta potensi komoditas tambang di wilayah Sulawesi Selatan.

Baca juga: PERTAABI kunjungi pabrik Mobil Lubricants pastikan kualitas produk

Baca juga: PT EMLI resmikan RDC terbarunya di Makassar

Baca juga: PT EMLI berangkatkan lebih banyak mekanik yang mudik lebaran tahun ini
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023