Jakarta (ANTARA News) - Motor matik New-Yamaha Xeon RC yang diluncurkan hari ini terinspirasi dari pesawat tempur siluman AS F-117 Night Hawk dan pelari tercepat dunia Usain Bolt.

Penasihat Divisi Penelitian dan Pengembangan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Tatsyua Masuda mengatakan ada tiga faktor utama dalam proses pembuatan New Yamaha Xeon RC yaitu cepat, dinamis dan canggih.

"Model ini adalah kasta tertinggi di jajaran matik Yamaha karena itu kami harus memberikan desain dan mesin yang terbaik," katanya ketika menggelar jumpa media di Jakarta pada Rabu (9/1).

Untuk faktor cepat, lanjutnya, Yamaha terinspirasi dari pesawat tempur siluman AS F-117 Night Hawk yang memiliki body dengan lekuk-lekuk tajam dan desain berbentuk segi-tiga.

Bentuk tampilan depan New Xeon RC didominasi lekuk-lekuk tajam sehingga lebih aerodinamis dan agresif.

"Lekuk-lekuk tajam dapat lebih mengeluarkan feel balap dan mewakili DNA motor Yamaha yang agresif," katanya.

Bentuk tampilan lampu depan terlihat lebih tajam, terinspirasi dari mata burung elang. Tampilan body samping model itu terinspirasi dari gerakan Usain Bolt ketika berlari dengan tangan bergerak ke atas.

Hal itu menggambarkan ke dinamisan para pelari sprinter. Tak hanya itu, bentuk tampilan lampu belakang terinspirasi dari dua pembuangan gas pesawat jet dan knalpotnya terinspirasi dari matik premium Yamaha T-Max.

Model itu menggunakan mesin 125 cc dengan teknologi YMJET-FI, menaikkan tenaga menjadi 11,4 PS dan torsi meningkat jadi 10,4 Nm, ditambah Teknologi balap DiASil Cylinder dan Forged Piston berpendingin cair.

Perubahan itu menghasilkan akselerasi yang lebih spontan tapi lebih irit sekitar 20 persen. New Xeon memiliki desain bodi yang sporty dan agresif lampunya sudah mengadopsi Automatic Headlight On (AHO).

(adm)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013