Jakarta, 11/12 (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan produk terbaru Toyota Navigator Number One (NAV1) yang menyuguhkan performa navigasi terbaik dan didesain khusus sebagai VIP Multi-Purpose Vehicle (MPV).

"Pasar paling besar di Indonesia adalah MPV, sekitar 60-70 persen, dan pasarnya sangat berkembang," kata Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, saat merilis Toyota NAV1, di Jakarta, Selasa.

Darmawan mengatakan, pihaknya ingin melengkapi produk Toyota untuk semua segmen dan diharapkan bisa memberikan beragam pilihan untuk para konsumen Toyota.

"Perkembangan tren dan kebutuhan konsumen yang makin beragam, termasuk di segmen MPV, selalu memicu Toyota untuk menghadirkan produk dan teknologi terbaik," kata Darmawan.

Johnny mengatakan, pihaknya mengeluarkan Toyota NAV1 untuk memenuhi tingginya permintaan pasar di segmen MPV High dan sekaligus memberikan pilihan yang lebih beragam kepada para pelanggan.

"Kehadiran Toyota NAV1 untuk memenuhi permintaan pasar MPV yang terus berkembang, khususnya di segmen MPV High," ujar dia.

Toyota NAV1 merupakan model Toyota pertama di Indonesia yang mengadopsi kecanggihan Valvematic Technology tersebut diproduksi di Indonesia di bawah pengawasan dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Untuk memenuhi permintaan pasar, Toyota NAV1 diperkenalkan dengan empat pilihan warna, yakni White Pearl CS, Silver Metalic, Grey Metalic, dan Black dan dibanderol dengan harga on the road Jakarta Rp398 juta untuk High Grade dan Rp378 untuk Low Grade.

Dalam beberapa tahun terakhir, segmen MPV memperlihatkan peningkatan permintaan yang tinggi, pada 2008, total pasar di segmen tersebut mencapai 240.781 unit, dan dalam 5 tahun, angka tersebut mampu naik hampir dua lipat.

Sepanjang Januari-November 2012, total pasar segmen MPV tercatat sebanyak 456.281 unit, dan menguasai pangsa pasar sebesar 44,4 persen.

Dalam 10 bulan pertama 2012, pangsa pasar Toyota di segmen MPV mencapai 53,6 persen dengan total penjualan 244.404 unit, yakni Toyota Avanza menjadi tulang punggung dengan total penjualan 157.189 unit.

(V003/E008)
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012