Jakarta (ANTARA) - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation berharap Industri otomotif nasional semakin kuat seiring tingginya antusiasme masyarakat menghadiri pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

"Pameran IIMS 2023 ini dapat menjadi referensi bagi masyarakat dalam membeli kendaraan dan juga merawat ban kendaraan mereka untuk mudik nanti,” ujar Presiden Direktur Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno dalam rilis pers yang diterima, Selasa.

Sutikno menilai ajang pameran otomotif yang diselenggarakan sebelum memasuki bulan Ramadhan seperti IIMS bisa menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung untuk melihat-lihat beragam produk otomotif yang ditawarkan. Penjualan kendaraan akan meningkat menjelang Lebaran karena banyak orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik.

“Selain karena memang lebih nyaman, juga tentu ada unsur prestisenya," kata Sutikno.

Baca juga: Bridgestone jalankan solusi berkelanjutan lewat ban ramah lingkungan

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara acara menyatakan bahwa jumlah pengunjung IIMS tahun ini mengalami kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan pameran tahun lalu.

Peningkatan tersebut tidak terlepas dari adanya peningkatan standar pameran, tahun in IIMS memadukan elemen otomotif dan hiburan untuk semakin memanjakan pengunjung.

Mukiat mengatakan, meningkatnya animo masyarakat terhadap ajang otomotif tersebut diharapkan dapat menjadi sinyal positif semakin menguatnya industri otomotif nasional.

Hal tersebut dinilainya juga akan memberi dampak positif bagi industri komponen, seperti industri produksi ban, termasuk Bridgestone.

Tak hanya dari sisi pengunjung, IIMS tahun ini juga merepresentasikan tingginya antusiasme para pelaku industri otomotif Tanah Air. Secara total terdapat 165 merk yang berpartisipasi selama 11 hari penyelenggaraan IIMS, terhitung 16 hingga 26 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kinerja ekonomi yang tumbuh positif tahun lalu sebesar 5,2 persen disinyalir menjadi salah satu penyebab optimisme pelaku industri otomotif untuk ikut serta di IIMS 2023.

Baca juga: Produsen otomotif lokal didorong untuk ramaikan pasar elektrifikasi

Baca juga: Jelang hari terakhir, IIMS 2023 bukukan Rp3,2 triliun

Baca juga: Periklindo: Masa depan kendaraan listrik Indonesia akan tumbuh pesat
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023