Jakarta (ANTARA) - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) terus menjalankan komitmen sebagai perusahaan dengan solusi berkelanjutan, salah satunya melalui produk ban ramah lingkungan.

Seperti ban Ecopia, yang merupakan ban ramah lingkungan, dirancang khusus dengan teknologi low rolling resistance (LRR) yang mampu menghasilkan ban dengan hambatan gulir yang rendah.

Ban dengan resistansi gulir rendah dirancang untuk mengurangi kehilangan energi saat ban menggelinding, sehingga diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan dan mengurangi emisi gas karbon.

Baca juga: Bridgestone Indonesia jadi "Official Tire Partner" IIMS 2023

Bridgestone juga berkomitmen pada inovasi ban untuk kendaraan listrik, terutama dengan terobosan teknologi Enliten yang memperluas jangkauan berkendara melalui ban ringan.

“Tantangan dari pengembangannya adalah bagaimana secara kualitas sama, durabilitas dan safety sama, tetapi lebih enteng. Bobot kendaraan listrik lebih berat dibanding mobil biasa. Sebab itu, ban mobil listrik dibuat lebih ringan. Untuk ban teknologi Enliten sudah digunakan di Eropa. Di Indonesia kita tunggu saja tanggal mainnya,” ujar Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno dalam rilis pers yang diterima ANTARA, Rabu.

Dengan inovasi terbaru dari Bridgestone itu, ban Enliten secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik.

Selain pada teknologi produk, komitmen berkelanjutan Bridgestone juga tercermin melalui program tangggung jawab sosial (CSR).

Di antaranya program pengelolaan sisa produksi ban atau ban bekas pakai berbasis pemberdayaan masyarakat seperti proyek sosotan, serta aksi konservasi hutan mangrove dan pemberdayaan masyarakat dengan pembinaan produk olahan makanan di sekitar Muara Gembong, Bekasi.

Baca juga: Bridgestone Indonesia lanjutkan visinya dengan tiga faktor utama

Di ranah internal perusahaan, budaya dan semangat berkelanjutan diwujudkan melalui program Sustainability Day dan pelatihan duta sustainability.

Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan.

"Hal tersebut saat ini sudah sejalan dengan program perusahaan dan pengembangan teknologi di Bridgestone,” kata HR & GA Director Bridgestone Indonesia Yunus Triyonggo.

Baca juga: Bridgestone hadirkan program menarik di IIMS 2023

Komitmen solusi berkelanjutan Bridgestone tertuang lewat program Bridgestone E8 Commitment.

Bridgestone E8 Commitment merupakan langkah untuk semakin mempercepat evolusi program sustainability dari Bridgestone yang berbasis pada Energy (Energi), Ecology (Ekologi), Efficiency (Efisiensi), Extension (Ekstensi), Economy (Ekonomi), Emotion (Emosi), Ease (Kemudahan), dan Empowerment (Pemberdayaan).

Baca juga: Siasat Bridgestone Indonesia sabet tiga gelar di ajang TKF
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023