Jakarta (ANTARA) -
Wuling Air EV mengikuti rangkaian kegiatan menjelang KTT G20 yakni Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas).

"Wuling bangga dapat menjadi bagian mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan dari pemerintah yang kami wujudkan dengan berpartisipasi dalam kegiatan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ini,” kata Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani dalam keterangan resmi yang diterima Senin.

Sementara itu Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menyatakan dukungannya terhadap acara tersebut.

"Kita sangat mendukung dan ini merupakan pengalaman yang baik. Sesampainya di Bali, kita akan membuat suatu pameran sehingga orang-orang dari mancanegara bisa melihat bahwa kita punya effort yang besar dan ini harus konsisten serta dilakukan oleh semua pihak. Marilah kita bersama-sama, tidak hanya touring, tapi dari hati melakukan suatu lompatan, suatu migrasi yang besar untuk bangsa," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Hendro Sugiatno menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung transisi energi berkelanjutan, mensosialisasikan Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), "serta memperkenalkan dan mempercepat penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat Indonesia," kata dia.

Dalam perjalanannya menuju Bali, para peserta akan lebih dahulu melintasi berbagai kota di Pulau Jawa antara lain Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Jember, Banyuwangi, dan akan tiba di Bali via Pelabuhan Gilimanuk. Seluruh perjalanan akan ditempuh selama lima hari.

Pada kesempatan itu pula, Wuling akan menggelar sosialisasi keselamatan berkendara dengan kendaraan listrik di dua lokasi singgah yaitu Solo pada 8 November 2022 dan Jember pada 9 November 2022.
 
Total perjalanan touring menempuh jarak sejauh 1.250 kilometer.

Sesampainya di Bali, Wuling akan menampilkan kendaraan listriknya dalam acara pameran yang digelar di Bali Collection, Nusa Dua. Selain memamerkan satu unit Air EV, Wuling juga menyediakan unit test drive untuk dicoba oleh para pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkendara ramah lingkungan dengan kendaraan tanpa emisi ini.


 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022