Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal California, ARCH Motorcycles secara resmi merilis spesifikasi 1s Sport Cruiser, motor yang pernah di pajang di EICMA pada 2017 yang rencananya akan diluncurkan pada Oktober 2022.

Pada 13 Oktober 2022, ARCH Motorcycle telah menerima pesanan untuk 1s, dengan biaya 128,000 dolar AS (setara dengan Rp1.9 miliar) Pihak yang berminat dapat menghubungi perusahaan melalui situs web mereka.

"Kami sangat bersemangat untuk secara resmi memperkenalkan ARCH 1 yang baru. Dengan bantuan seluruh tim kami dan banyak mitra yang luar biasa, kami percaya kami telah membuat sesuatu yang benar-benar istimewa untuk dialami pengendara dan bangga akhirnya melihatnya di jalan," kata co-founder dan direktur desain ARCH Motorcycle Gard Hollinger dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari RideApart, Senin.

Baca juga: Motor listrik Cyborg GT 120 dengan jangkauan 180 km dirilis di India

1s Sport Cruiser akan menggunakan mesin berkapasitas 2.032cc S&S Cycle V-twin, yang diklaim menghasilkan torsi sebesar 121,77 pound-feet yang disalurkan ke roda belakang yang dikawinkan dengan gearbox enam kecepatan dengan kopling kering.

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi bermerek Ohlins yang dapat disesuaikan di kedua ujungnya dan memungkinkan bagi pengendara untuk menyesuaikan karakteristik dengan tepat.

Sistem pengereman motor ini juga sudah dilengkapi dengan ISR yang terdiri dari kaliper monoblok enam piston ganda yang dipasang secara radial di depan, dengan sepasang cakram mengambang yang berukuran besar.

Pada bagian pengereman belakang, motor ini hadir dengan pengaturan kaliper tunggal yang memiliki empat piston dan dipasang secara radial dengan satu cakram semi-mengambang. 1s dilengkapi dengan Bosch ABS sebagai standar.

1s memiliki fitur penanganan yang lebih sporty dan jarak sumbu roda yang lebih pendek daripada KRGT-1. Sasis menggabungkan rangka baja dan subframe aluminium billet mesin serta swingarm satu sisi pertama ARCH.

"Tepat pada tahun lalu, kami baru saja merayakan ulang tahun yang ke-10, namun rasanya baru kemarin saya mengajukan ide untuk memulai perusahaan sepeda motor dengan Gard," ucap salah satu pendiri ARCH, Keanu Reeves.

Reeves mengatakan bahwa sungguh luar biasa melihat seberapa jauh perusahaan ini telah datang dalam waktu yang begitu singkat – dari penerimaan KRGT-1 yang luar biasa hingga model pertama yang baru sebagai model kedua perusahaan ini.

"Itu adalah bukti nyata dari tim desain dan build kami yang berbakat dan kemampuan mereka untuk menghasilkan sesuatu yang memenuhi ambisi ARCH untuk apa yang dapat dibawa oleh perusahaan sepeda motor dalam arsitektur, gaya, keanggunan, dan pengalaman keseluruhan," tutup Reeves.

Baca juga: Tinbot TB-RS1, motor listrik berwujud "naked sport"

Baca juga: Sensasi Aprilia RS 660, motor sport seharga Rp600 jutaan

Baca juga: Sepeda motor sport listrik Rakata NX8 meluncur di PEVS 2022
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022