Jakarta (ANTARA) - CFMoto produsen sepeda motor China dikabarkan akan memasuki pasar otomotif Eropa pada 2023 mendatang, dengan membawa kendaraan terbaru mereka yakni Sportbike 450SR.

CFMoto memberikan alasan tersendiri mengapa mereka membawa seri SR ke pasar Eropa, mereka ingin mengambil keuntungan dari para kaum pemula di dunia roda dua yang begitu banyak di daratan Benua Biru seperti dilaporkan RideApart pada Sabtu.

Baca juga: Honda hadirkan CB650R Neo Sport Cafe, harganya Rp265 juta

Model terbarunya, 450SR, sudah mulai diluncurkan di pasar global, lebih khusus di beberapa bagian Asia. Sportbike yang kecil dan gesit ini memiliki serangkaian teknologi yang cukup mengesankan, dan tentu saja membuat pesaing yang lebih mapan seperti Yamaha YZF-R3 dan KTM RC 390 kabur demi uang mereka.

Di pasar Asia, di mana peraturan dan regulasi yang berkaitan dengan lisensi sepeda motor sedikit kurang ketat dibandingkan Eropa, CFMoto 450SR adalah salah satu motor sport sub-500cc paling kuat di pasar.

Mengemas mesin paralel-twin 450cc dengan poros engkol 270 derajat kendaraan ini memberikan tenaga 50 hp dengan gaya V-twin yang kekar. Namun di Eropa, sepeda berlisensi A2 harus mengikuti serangkaian parameter agar ramah bagi pemula dan tenaga juga dibatasi tidak lebih dari 48 hp.

Dengan bobot 450SR yang mencapai 168 kilogram, kemungkinan CFMoto harus memangkas lebih banyak tenaga dan torsi dari mesin. Diperkirakan bahwa 450SR dalam spesifikasi Euro akan menghasilkan sekitar 42 hingga 44 hp.

Konon, pengendara muda yang mencari sportbike yang kuat tetap akan mendapatkan mesin berteknologi tinggi dari 450SR. Ini akan mengemas beberapa komponen yang benar-benar premium seperti garpu depan dari KYB, monoshock belakang yang dapat disesuaikan preload, layar TFT penuh warna, dan pencahayaan LED penuh.

Mengenai harga, CFMoto belum mengumumkan angka harga resmi, namun, di pasar Asia, 450SR dijual dengan harga yang setara dengan sekitar 5.000 dolar AS. 

Baca juga: Suzuki pamerkan sport bike Katana pada PRJ

Baca juga: Ducati dan MT Distribution hadirkan lini baru sepeda lipat elektrik

Baca juga: Yamaha All New Byson FI meluncur Rp21,6 juta
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022