Jakarta (ANTARA) - General Motors Co dan LG Energy Solution (LGES) sedang mempertimbangkan lokasi di Indiana untuk jadi pabrik pembuatan sel baterai keempat di Amerika Serikat (AS), kata juru bicara perusahaan patungan, dikutip Reuters, Jumat.

Ultium Cells LLC sedang mengembangkan bisnis yang kompetitif untuk potensi investasi besar yang dapat berlokasi di New Carlisle, Indiana, kata dia, seraya menambahkan bahwa Ultium telah mengajukan permohonan pengurangan pajak yang diharapkan akan disetujui akhir bulan ini.

Produksi di pabrik sel baterai AS pertama Ultium di Warren, Ohio akan dimulai akhir bulan ini. Perusahaan mengumumkan pabrik senilai 2,3 miliar dollar AS pada 2019.

Pabrik keempat diharapkan serupa dengan tiga pabrik lainnya dan memiliki investasi lebih dari 2 miliar dollar AS, kata sumber yang menjelaskan masalah tersebut kepada Reuters, tetapi tidak jelas kapan akan dibuka.

Pada Januari, GM dan LG mengumumkan investasi 2,6 miliar dollar AS untuk membangun pabrik sel baterai baru di Lansing, Michigan yang akan dibuka pada akhir 2024.

GM juga mengatakan akan menghabiskan 4 miliar dollar AS untuk merombak dan memperluas pabrik perakitan di dekat Detroit untuk membangun truk pickup listrik dan dipasok oleh pabrik baterai Lansing.

GM dan LG Energy juga membangun pabrik senilai 2,3 miliar dollar AS di Spring Hill, Tennessee yang akan selesai pada akhir tahun 2023.

Bulan lalu, Departemen Energi AS mengatakan akan meminjamkan Ultium 2,5 miliar dollar AS untuk membantu membiayai pembangunan pabrik pembuatan sel baterai di Ohio, Tennessee, dan Michigan.

Bulan lalu, GM mengatakan telah mencapai kesepakatan multi-tahun dengan LG Chem Ltd dan Livent Corp untuk mengamankan bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan baterai kendaraan listrik.

GM mengatakan bahwa pihaknya akan mencapai tujuan untuk memproduksi 1 juta kendaraan listrik setiap tahun di Amerika Utara pada akhir 2025.

Pada bulan Mei, induk perusahaan Chrysler Stellantis NV dan Samsung SDI mengatakan mereka akan menginvestasikan lebih dari 2,5 miliar dollar AS untuk membangun pabrik baterai patungan baru di Kokomo, Indiana.



Baca juga: Penjualan mobil global Korea Selatan "rebound" pada Juli

Baca juga: GM salip Toyota di penjualan mobil AS kuartal dua 2022

Baca juga: GM tambah ribuan stasiun isi daya EV gandeng EVgo
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022