Jakarta (ANTARA) - Produsen dashcam Blackvue memperkenalkan produk terbaru DR900X-2CH DMS Plus, menawarkan perlindungan terhadap pengemudi dan kendaraan dengan dilengkapi teknologi cloud dan kecerdasan buatan (AI).

Dashcam pintar tersebut memiliki dua kamera, satu kamera mengarah ke depan dan satu kamera interior yang mengarah ke dalam kabin mobil.

Kamera depan memiliki keunggulan kualitas 4K HDR Nightvision untuk memaksimalkan menangkap nomor pada plat nomor kendaraan.

Baca juga: Blackvue kenalkan kamera pemantau 4K

Tipe ini juga dilengkapi dengan teknologi kompresi tingkat tinggi H265 sehingga meski kualitas video 4K namun penyimpanan di memori tetap kecil dan masih setara dengan penyimpanan memori Full HD sehingga tetap bisa menghemat penggunaan memori.

Sementara kamera Interior digunakan untuk memantau seluruh keadaan di dalam kabin kendaraan, sekaligus memantau pengemudi dan mengingatkan pengemudi apabila kurang fokus dalam mengemudikan kendaraan.

Kamera interior ini dilengkapi dengan lampu Infrared untuk mendapatkan hasil yang maksimal baik siang maupun malam hari. Untuk menambah kenyamanan penggunaan, tipe produk ini dilengkapi dengan WiFi berkecepatan tinggi 5GHz, sehingga melihat hasil rekaman menjadi lebih cepat.

Dengan sistem pemantauan pengemudi berbasis AI dipadu dengan teknologi cloud, pengguna akan menerima laporan secara langsung ke smartphone ketika pengemudi mengalami gangguan di jalan, kejadian yang tidak diinginkan ataupun Ketika pengemudi mengantuk, tidak fokus, menelepon sambil mengemudi, berkendara melebihi batas kecepatan ataupun berbagai kebiasaan buruk lainnya.

Dengan mempelajari kebiasaan pengemudi, tipe Blackvue ini akan melaporkan kepada pengguna jika mobil beresiko dikarenakan kelalaian pengemudi dan menilai tingkat keselamatan mobil.

Sementara dengan teknologi Cloud, pengguna bisa memantau mobil dengan membuka video secara langsung dan melihat situasi di sekitar kendaraan.

Selain itu, tipe ini juga dilengkapi dengan mode parkir cerdas, yaitu timelapse dan buffer, dimana kendaraan akan melakukan penghematan memori jika tidak terjadi suatu kejadian dengan hanya merekam satu frame per detik (timelapse).

Sementara, ketika terjadi suatu kejadian, misal mobil ditabrak di area parkir, Blackvue akan merekam secara normal, dan memundurkan hasil rekaman lima detik sebelum terjadinya tabrakan (buffer), untuk melihat kejadian dengan lebih jelas dan menjaga agar bukti tabrakan tetap utuh dan tidak terpotong.

Blackvue DR900X-2CH DMS Plus dibanderol dengan harga Rp11.290.000. Pada ajang pameran GIIAS 2022 kali ini, Blackvue juga mengumumkan penambahan garansi untuk semua unit Blackvue menjadi 18 bulan hanya dengan melakukan registrasi produk.

Baca juga: Keuntungan menggunakan "dashcam" pada kendaraan

Baca juga: Kenali manfaat "dashcam" pada kendaraan

Baca juga: MMKSI rilis aksesori kamera "dashboard" Blackvue Cloud SPA98001
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022