Jakarta (ANTARA) - Kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) memiliki segmen konsumen yang meluas, tidak hanya untuk kalangan berjiwa muda saja namun kini menjadi opsi mobil keluarga karena kapasitas angkut dan tenaga mesin yang mumpuni.

Baca juga: Deretan fitur "zona nyaman" anak dan orangtua di Wuling New Cortez

Kebutuhan yang kian meluas tersebut disambut Wuling Indonesia melalui Almaz dalam berbagai tipe, salah satunya adalah Almaz Exclusive (EX) yang tersedia dengan opsi lima dan tujuh penumpang seharga Rp300-an juta.

Dibanding kompetitor di kelasnya, Almaz EX menyimpan sejumlah keunggulan, meliputi mesin 1.500cc dengan turbocharger, perintah suara berbahasa Indonesia, transmisi CVT, cruise control, sunroof, serta berbagai fitur ABS, EBD, BA, EPB hingga AVH dan HHC.

Dikutip dari laman resmi Wuling Motors pada Jumat, Almaz EX menggunakan mesin bertenaga dan efisien berkat dapur pacu berkapasitas 1.500cc, DOHC, DVVT dengan Turbocharger besutan Honeywell untuk menghasilkan tenaga 140HP pada 5,200 rpm/250 Nm pada (1.800 - 3.600 rpm).

Dengan mesin turbo itu, Wuling Almaz mampu menghasilkan tenaga lebih besar dengan konsumsi bahan bakar yang sama jika disandingkan mesin non-turbo.

Artinya, Almaz mampu memberikan efisiensi bahan bakar sekaligus lebih rendah emisi.

Baca juga: Wuling Almaz RS raih penghargaan IDPBA 2022
Mesin turbo Wuling Almaz EX (ANTARA/HO)


Seorang pengguna Almaz EX asal Bekasi, Jawa Barat, Sophian Ahmad mengatakan turbo pada kendaraan yang dibelinya sejak 2021 itu sangat bermanfaat untuk efisiensi bahan bakar namun memiliki performa yang lebih bertenaga.

"Bertenaga tapi tidak boros. Akselerasi juga lebih cepat, nyetir stop and go untuk harian enggak capek," kata Sophian yang menjalankan bisnis di Cikarang, Jawa Barat.

Baca juga: Almaz RS, SUV Wuling bercita rasa global

Selain itu, Wuling juga membekali Almaz EX dengan transmisi (Continuously Variable Transmission/CVT) dari Bosch yang menawarkan perpindahan transmisi halus dan responsif dengan 8-speed manual simulation.

Dengan transmisi itu, Wuling memiliki 8 rasio percepatan yang beroperasi secara elektronik. Di sisi lain, pengemudi bisa memilih mode manual untuk menikmati tiap-tiap rasio percepatan sesuai kebutuhan.

Nilai tambah lainnya adalah keberadaan mode berkendara Eco (E) dan Sport (S) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan berkendara, baik saat berjalan santai bersama keluarga atau ketika membutuhkan asupan tenaga ekstra di momen tertentu.

Beralih ke fitur teknologi, Almaz EX telah dilengkapi WIND (Wuling Indonesian Command) berupa sistem perintah suara berbahasa Indonesia untuk mengoperasikan berbagai fitur antara lain radio, sunroof, volume audio, kontak telepon, AC dan lain sebagainya.

Baca juga: Wuling Experience Weekend menyapa Kota Bekasi
Fitur multimedia Wuling Almaz EX (ANTARA/HO)


Head unit yang dikemas dalam cangkang Smart Multimedia di tengah dashboard Almaz EX tak cuma berfungsi sebagai perangkat pemutar radio dan audio dengan bluetooth saja, namun menyimpan ragam kegunaan lain semisal Wuling Link, control AC, window dan light door control, pemantau tekanan ban (TPMS), bahkan kamera 360.

Meski diposisikan di bawah Almaz RS, namun Almaz EX juga dibekali sensor radar. Dengan demikian, bisa dikatakan Wuling memberikan "full feature" untuk urusan teknologi pada varian tersebut.

Fitur kenyamanan dan keamanan berkendara yang dihadirkan juga lengkap, meliputi cruise control, voice command switch pada lingkar kemudi, electric seat adjuster, Infinity audio system, layar MID 7 inci, front-side airbags, electric parking brake (EPB), automatic vehicle holding (AVH), electronic stability control (ESC), rem ABS dengan EBD, emergency stop signal, hill hold control (HHC) dan lain sebagainya.

Kelengkapan fitur dan teknologi premium yang dirangkum Wuling dalam Almaz EX bisa didapatkan dengan harga Rp330,8 juta untuk varian 7 penumpang dan Rp320,1 juta untuk varian lima penumpang.


Baca juga: Wuling rayakan Lebaran dengan program spesial

Baca juga: Wuling Motors & era baru berkendara dengan IoV-WIND di Almaz - Cortez

Baca juga: Keunikan makna nama dan kelengkapan teknologi Wuling Almaz RS
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022