Jakarta (ANTARA) - Saat ini fungsi mobil tidak sebatas sebagai alat mobilitas semata, melainkan telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat modern yang membutuhkan mobil lengkap dengan berbagai fitur kenyamanan maupun teknologi.

Wuling Indonesia memiliki lini produk multi purpose vehicle (MPV) berkelas premium, New Cortez, yang dilengkapi Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV). Teknologi itu selain memudahkan para orang tua, juga bisa bikin anak-anak nyaman saat menikmati perjalanan dari rumah ke sekolah dan sebaliknya.

Mengusung tema "Innovating Comfort Zone", Wuling Indonesia benar-benar menciptakan zona nyaman untuk keluarga selama perjalanan bersama Cortez, berikut ulasannya:

Layar infotainment jumbo, IoV da WIND
Dashboard Wuling New Cortez (ANTARA/HO)


Sebagai mobil keluarga multiguna, New Cortez mengedepankan aspek kenyamanan dengan peningkatan ergonomi pada bagian kursi, head unit layar sentuh 10,25 inci, AC digital, dan electric sunroof.

Head unit baru berukuran jumbo mampu melakukan mirrorlink nirkabel, USB fast charging, internet connectivity, navigasi hingga pengaturan kendaraan yang membuat mengemudi menjadi lebih praktis, menyenangkan sekaligus aman.

Anda juga bisa memanfaatkan Wuling Indonesian Command (WIND) berupa voice command berbahasa Indonesia untuk menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan. Mulai dari pendingin udara, jendela, sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi hingga informasi lainnya.

Baca juga: Kupas tuntas desain global dan platform GSEV milik Wuling EV

Pengoperasian fitur WIND juga sangat mudah. Pengemudi cukup mengatakan "Halo Wuling" lalu diikuti perintah apa yang ingin dilakukan. Alternatifnya, pengemudi juga dapat menekan tombol di head unit atau tombol di setir, lalu diikuti kalimat perintahnya. Kata kunci ‘Halo Wuling’ berlaku seperti verifikasi atau wake-up word untuk menggunakan WIND. Suara ini akan dideteksi oleh sistem yang kemudian akan dijawab ‘Halo’.

Fitur canggih itu juga menjadi daya tarik tersendiri yang bisa membuat anak Anda lebih betah berada di mobil selama perjalanan menuju sekolah.

Jangan lupa, Wuling merupakan pelopor kendaraan berteknologi canggih di Indonesia. Untuk itu, Cortez telah dilengkapi Internet of Vehicle (IoV) yang dapat mengoperasikan berbagai fitur vehicle remote control sebagai kendali jarak jauh kendaraan melalui smartphone semisal memanaskan mesin, mendinginkan kabin, membuka-tutup jendela memastikan kendaraan terkunci hingga informasi kendaraan.

Sangat repot jika mencari mobil di parkiran sambil membawa anak dan barang belanjaan. Untuk itu, IoV pada Wuling memberikan fitur Vehicle Positioning untuk mengetahui lokasi terkini kendaraan yang bisa dipantau melalui ponsel pintar.

"New Cortez juga mendapatkan penyegaran di beberapa area, seperti bagian interior yang kini mengedepankan nuansa elegan, serta head unit canggih berukuran 10,25”. Sektor performa dan fitur berkendara tetap mengandalkan mesin turbo 1.5L serta CVT plus berbagai perangkat keselamatan modern,” terang Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors saat perkenalan Cortez beberapa waktu lalu.

Seat tray dan kabin lega
Seat Tray Wuling New Cortez (ANTARA/HO)


Anda tentu tidak ingin melihat seragam sekolah anak kotor karena terkena tumpahan makanan atau minuman saat sarapan atau makan siang di perjalanan.

Untuk itu, Wuling menyematkan fitur seat tray berupa meja lipat multifungsi yang bisa digunakan untuk membuka laptop, menaruh buku, tugas sekolah, hingga tempat makan.

Seat tray berukuran lebar itu dilengkapi cup holder sehingga bisa dimanfaatkan sebagai "meja makan" mini bagi anak-anak maupun orang tua untuk sarapan, makan siang, dan aktivitas lainnya guna memanfaatkan waktu di perjalanan.

Kursi baris penumpang Wuling Cortez juga memuat berbagai kompartemen dan port USB charging yang memastikan perangkat digital Anda siap digunakan di sekolah maupun di tempat kerja.

Meski memuat banyak fitur, Wuling Cortez dijamin memberikan ruang kabin yang lega dengan dimensi panjang 4,780mm lebar 1,816mm dan tinggi 1,755mm (dengan roof rail) untuk memberikan kenyamanan terutama saat membawa banyak penumpang atau barang.

Cortez menggunakan jok captain seat berlapis premium black semi-leather sebagai tempat anak-anak Anda untuk beristirahat dengan nyaman selama perjalanan.

Tidak ketinggalan, Wuling Cortez mempertahankan fitur comfortable tilt steering, exquisite atmosphere lamp, digital AC control, one push button, convenient electric front seat adjuster, auto up/down windows dengan anti pinch pada keempat jendelanya, auto door lock by speed, hingga audio & bluetooth steering switch.

Fitur keamanan lengkap
​​​​​​​
WUling New Cortez (ANTARA/Chairul Rohman)


Keselamatan keluarga adalah hal utama, maka Wuling menyematkan sederet fitur keselamatan mulai dari kamera parkir, sensor parkir depan belakang, seat belt reminder, 4 buah airbag di depan dan samping, serta auto vehicle holding.

Selain itu terdapat juga electric parking brake, electric stability control, rem cakram depan belakang, hill hold control, fatigue driving warning, ABS, EBD, BA, Emergency Stop Signal, Tire Pressure Monitoring System dan banyak fitur lainnya.

New Cortez menggunakan mesin 1.5 liter turbocharged bertenaga hingga 140 HP pada 5.200 rpm dan torsi 250 Newton meter di putaran 1.600 rpm hingga 3.600 rpm dengan transmisi CVT yang halus dan responsif dilengkapi empat mode pilihan berkendara normal, eco, sport dan 8-speed manual simulation.

New Cortez dengan Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV) dijual dengan harga Rp273,3 juta untuk Cortez CE dan Cortez EX Rp311,65 juta.

Baca juga: Wuling Air ev mulai dikirimkan ke konsumen akhir Agustus

Baca juga: DFSK uji coba Gelora E di Kawasan Wisata Danau Toba

Baca juga: Mengintip desain futuristik interior Wuling Air EV
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022