Jakarta (ANTARA) - GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan menghadirkan arena test track di dalam ruangan khusus untuk kendaraan listrik (EV), sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam transisi energi yang berkelanjutan serta pengembangan ekosistem industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Kendaraan listrik sudah menjadi ikon baru di mana-mana. Jadi kami menyiapkan supaya pengunjung dapat melihat keunggulan kendaraan listrik. Kami siapkan arena seperti sirkuit di dalam gedung khusus untuk kendaraan listrik," kata Ketua Penyelenggara GIIAS 2022 Rizwan Alamsjah saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) itu mengatakan, pengunjung tidak dapat mengendarai sendiri kendaraan listrik tersebut karena akan ditemani oleh supir.

Baca juga: Gaikindo optimis target penjualan 750.000 kendaraan tahun ini tercapai

"Pakai supir, enggak boleh bawa sendiri.Tapi nanti pengunjung akan tetap bisa merasakan sendiri berbagai macam kendaraan listrik yang disajikan oleh para peserta kami," ujar Rizwan.

Rizwan melanjutkan, akan ada lebih dari sepuluh jenis kendaraan listrik dari berbagai merek yang dapat dicoba langsung oleh para pengunjung di area GIIAS EV Test Track.

Menurut Rizwan, arena test track didesain sedemikian rupa untuk menonjolkan kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai. Area juga akan dilengkapi dengan charging station untuk memberikan edukasi mengenai proses pengisian daya kendaraan.

Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan pendampingan dari para product expert kendaraan listrik dari masing-masing Agen Pemegang Merek (APM). Mereka akan memberikan berbagai informasi terkait kelebihan dari kendaraan listrik dan pengalaman berkendara yang benar dan sesuai dengan karakter kendaraan listrik yang berbeda dari kendaraan lainnya.

Sebagai informasi, GIIAS 2022 akan digelar pada 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten. Total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial akan berpartisipasi pada pameran tersebut yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Selain kendaraan roda empat, lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022 seperti dari industri karoseri di antaranya Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Merek-merek ternama roda dua juga akan turut berpartisipasi yakni Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Keeway, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, dan Wmoto.

Baca juga: GIIAS 2022 representasikan masa depan cerah industri otomotif nasional

Baca juga: Pelaku otomotif antusias sambut gelaran IIMS 2022

Baca juga: Menperin: GIIAS ajang kenalkan konsep mobilitas hijau
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022