Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Corp (TMC) menambah pengeluaran investasi Rp1,3 trilun lagi untuk meningkatkan total investasi barunya di Indonesia menjadi Rp4,1 triliun, dalam upaya perusahaan otomotif Jepang itu menambah kapasitas produksi pabrik mobil menjadi 230 ribu unit per tahun mulai 2013.

"TMC sudah setuju menambah kapasitas lagi sebesar 50 ribu unit per tahun di Indonesia," kata Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya pada tahun lalu, Presdir TMC Akio Toyoda telah menyampaikan penambahan kapasitas produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dari 110 ribu menjadi 180 ribu unit per tahun, dengan investasi sekitar Rp2,8 triliun.

"Ini merupakan investasi tambahan, karena TMC melihat pasar Indonesia yang terus tumbuh," ujar Johnny yang juga Wapresdir TMMIN.

Dengan investasi tersebut, ia memperkirakan pada akhir 2013 total kapasitas produksi TMMIN mencapai 230 ribu unit per tahun. Sedangkan, pada akhir 2012 atau awal 2013 kapasitas produksi TMMIN mencapai 180 ribu unit per tahun.

Johnny mengatakan selain menambah investasi di Indonesia, TMC juga menambah investasi di Thailand. "Thailand dan Indonesia akan menjadi basis produksi Toyota yang besar di Asia Pasific," ujarnya.

Dikatakannya penambahan pabrik baru tersebut ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar domestik Indonesia yang terus meningkat, di samping ekspor.

"Saat ini Toyota belum bisa memenuhi seluruh permintaan mobil di Indonesia. Kami masih kekurangan pasokan, meski sudah dibantu Daihatsu (untuk produksi Toyota Avanza dan Toyota Rush)," kata Johnny.

Selain itu, ia mengakui akan ada model baru yang akan diproduksi di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Namun Johnny tidak mau menyebutkan model baru tersebut.

Sementara itu Kepala Hubungan Luar TMMIN Irwan Priyantoko mengatakan luas pabrik yang ada di Karawang, Jawa Barat, mencapai 100 hektare, yang masih cukup untuk membangun pabrik baru dari investasi tambahan tersebut.

"Saat ini baru sekitar 40 hektare yang terpakai, termasuk pabrik baru yang dalam pembangunan untuk menambah kapasitas sampai 180 ribu unit. Investasi tambahan untuk 50 ribu unit lagi, belum kami lihat gambarannya seperti apa, apakah tambah bangunan atau tidak," katanya.

Selain pabrik, lanjut Irwan, pabrik Toyota di Karawang juga memiliki fasilitas stockyard (lapangan penyimpanan) dan uji kendara.

(R016)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012