Jakarta (ANTARA News) - Sosok mantan presiden Soeharto ternyata  menyimpan makna besar bagi pemilik mobil klasik nan langka  BJ44 LX Toyota Landcruiser 1983 "King of Landcruiser" Michael Done, karena mobil berkapasitas mesin 3.400 CC itu ternyata pernah dimiliki pak Harto selama 2 tahun.

"Mobil ini kilometernya masih 25 ribu dan yang punya pertama kali adalah Pak Harto, kami tangan keempat, 2 tahun mobil ini dipegang pak Harto yang konon  hadiah ulang tahun dari  kedutaan besar Jepang pada tahun 1983," ungkap Michael Done sang pemilik kepada ANTARANews di temui pada ajang OICC 2011 di Jakarta.

Ia mengungkapkan bahwa mobil itu ia dapatkan di Surabaya dengan kondisi "seadanya" dan perlu dilakukan restorasi.

Mobil itu juga diakuinya sudah ditaksir pembeli senilai 1.2 Milyar rupiah, Padahal Toyota Land Cruiser dengan balutan warna merah itu ia beli seharga 625 Juta dan biaya restorasi senilai 200 juta.

"Paling sulit adalah mengerjakan bagian panel-panel bitting dan kita restore sesuai kondisi pabrik jadi seperti baru ," katanya

Bodi yang terlihat lebih panjang dengan kursi penumpang tengah Atau yang ia sebut dengan MWB (Middle wheel base) yang bagian belakangnya lebih condong 30 cm, dengan mesin 2B 24 volt.

"Velgnya saja 20 juta dan saya beli dari Amerika langsung," katanya

Yang membuatnya sangat menyukai mobil klasik langka itu adalah bagian lis karet jendela dan plafon yang menyatu dimana kondisinya masih utuh dan original.

Selain itu mobil ini juga masih bisa mencapai kecepatan maksimum hingga 110 km, di dunia diperkirakannya mobil edisi terbatas itu populasinya ada sekitar 7.000-an unit dan di Indonesia sendiri cuma ada satu.
(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011