Jakarta (ANTARA News) - Presiden pertama RI,  Soekarno, konon merupakan  pemilik pertama di Asia untuk  VW Karmann Ghia.

"Mobil ini di Asia pertama kali yang pakai Bung Karno," kata Denny F Kusuma dari VW Club Indonesia yang mengikutsertakan VW Karmann Ghia di Ajang OICC Show 2010 di Balai Kartini,Jakarta.

Menurut dia Bung Karno memiliki dua Karmann Ghia convertible (atap terbuka) yang diberikan kepada putranya Guruh dan Guntur. Kini, mobil itu sudah berpindah tangan dan dimiliki oleh seorang yang berdomisili di Bintaro Tangerang.

Denny  mengaku mengetahui hal itu dari STNK mobil  yang masih menggunakan nama Ir. Soekarno dan hingga kini pemiliknya enggan melepas mobil bersejarah itu.

Mobil VW Karmann Ghia pertama kali diproduksi tahun 1956 sedangkan yang STNK-nya atas nama Ir Soekarno buatan tahun 1958.

VW bekerja sama membuat mobil bersama dua orang bernama Karmann (asal Jerman) dan Ghia (Asal Italia).

Menurut Denny,  Karmann Ghia  jarang ditemui di Indonesia karenanya banyak diburu. Selain tipe convertible yang kini nilainya sekitar  Rp300 juta,  ada juga versi  hard top (atap tertutup) yang kini berharga 175 juta .

Ia menjelaskan,  perawatan Karmann Ghia murah karena hanya butuh melakukan tune up dan ganti oli mesin dengan biaya Rp275 ribu.
(Yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010