Jakarta (ANTARA News) - Dua perusahaan otomotif Jepang, Honda dan Nissan menyatakan mulai mengoperasikan lagi sebagian pabrik mereka di Thailand pada hari Senin. Pabrik-pabrik tersebut sebelumnya terpaksa berhenti beroperasi karena banjir.

AFP melaporkan bahwa Thai Honda Manufacturing menyatakan mulai memproduksi "sebagian sepeda motor dan produk lainnya," di pabrik Ladkrabang, sebelah timur Bangkok.

Pabrik sepeda motor Honda mulai tutup tanggal 11 Oktober sedangkan pabrik mesin tutup sejak 6 Oktober. Pabrik mobil Honda di Ayutthaya masih belum beroperasi sejak 4 Oktober.

Juru bicara Honda mengemukakan pabrik di Ayutthaya masih terendam sedalam dua meter.

Nissan mengemukakan pabriknya di Samut Prakan, selatan Bangkok, mulai beroperasi secara terbatas pada hari Senin. Pabrik itu tidak beroperasi sejak 25 Oktober akibat kurangnya pasokan.

Toyota pekan lalu menyatakan akan memulai produksi pada 21 November di tiga pabriknya di Thailand. Pabrik-pabrik itu berhenti beroperasi sejak 10 Oktober.

Mitsubishi juga akan memulai kembali produksi mereka di pabrik Laem Chabang di Thailand bagian timur setelah tutup sejak 13 Oktober akibat kekurangan pasokan.
(A038)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011