Jakarta (ANTARA) - Produsen cat otomotif Belkote (PT Bintang Chemical Indonesia) menghadirkan cat dasar "PU 2K Primer Clear" yang menyasar kalangan modifikator untuk mengkreasikan warna di atas velg kendaraan mereka.

"Perkembangan dunia modifikasi menuntut setiap pihak untuk dapat memberikan kemudahan dalam mengaplikasikan ide-ide modifikasinya. Karena itu kami juga terus mengembangkan produk-produk terbaru yang dapat mempermudah para modifikator dalam berinovasi, termasuk mempersingkat waktu pengerjaannya,” ujar Managing Director PT Bintang Chemical Indonesia, Tio Kay Hok, dalam siaran resmi, Senin.

PU 2K Primer Clear merupakan cat dasar yang digunakan pada bahan stainless steel atau aluminium (alloy). Cat itu berwarna bening dengan daya rekat kuat di mana lapisan stainless steel atau aluminium tidak harus diamplas sebelum dilapis cat.

Baca juga: Ribuan mobil modifikasi ramaikan Daihatsu Dress Up e-Challenge 2021

Cat dasar tersebut dapat merekat di dua jenis permukaan itu secara lebih kuat dan cepat, sehingga mempercepat proses modifikasi kendaraan.

"Saat ini, banyak sekali modifikasi pada bagian-bagian stainless steel atau alloy seperti pada velg yang beraneka warna. Hal ini yang menjadikan Belkote tertarik untuk mengembangkan inovasi agar para rekan-rekan modifikator dapat dengan mudah mengubah warna-warna velg dan stainless menjadi warna seperti anodized,” ujar Andrew Budi Kurniawan, Marketing Director PT Bintang Chemical Indonesia.

“Sebelumnya, penggunaan cat bening biasa akan mudah lepas jika digunakan pada substrat stainless ataupun alloy,” tambahnya.
 
Belkote hadirkan cat dasar untuk modifikasi velg (ANTARA/HO)


Andrew menjelaskan, cara menggunakan cat dasar itu adalah gunakan sebagai lapisan pertama, setelah itu dapat menggunakan cat candy sesuai warna yang diinginkan, kemudian lapis dengan PU 2K Clear Coat.

"Jika menginginkan tampilan bening, maka cat candy tidak perlu digunakan. Produk ini juga dapat digunakan untuk interior design, terutama pada bagian stainless steel yang ingin diganti menjadi warna gold atau bronze,” ujar Andrew.

Untuk empat buah velg hanya dibutuhkan satu lapis cat primer clear, atau cat sebanyak 250cc yang nilainya setara Rp50 ribu.

Produk yang dikembangkan sejak 2020 itu menggunakan teknologi polyurethane yang mengombinasikan polyol dan isocyanate untuk menghasilkan cat dasar yang memberikan daya rekat lebih kuat dan mudah diaplikasikan.

Baca juga: Intip trio mobil modifikasi Suzuki di IIMS 2022, ada XL7 Camper Van

Baca juga: Maxdecal bawa teknologi "scratch-resistant" dengan opsi 32 warna baru

Baca juga: Tren modifikasi meningkat, Belkote siapkan rangkaian cat AXT series
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022