Jakarta (ANTARA) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan generasi terbaru Hiace dan Dyna yang memakai mesin baru Euro 4 untuk menyasar berbagai kebutuhan bisnis, mulai dari travel, kesehatan hingga logistik dan industri lainnya.

Baca juga: Penjualan Toyota HiAce melonjak, dipicu permintaan untuk ambulans

"New Hiace diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan industri wisata, travel, kesehatan dan industri lainnya dengan meningkatkan kinerja mesin yang lebih bertenaga dan efisien, serta improvement pada beberapa fitur untuk memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik kepada pelanggan," kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, dalam siaran pers, Kamis.

"Sementara New Dyna diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan logistik dengan mesin yang berperforma tinggi dan desain yang lebih gagah. Baik New Hiace dan New Dyna kini juga telah lolos uji emisi Euro 4 sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata dia.

Meski di tengah pandemi, penjualan whole sales Hiace pada 2020 tercatat sebesar 1.886 unit atau menguasai 92,86 persen pangsa pasar. Sementara pada 2021, penjualan Hiace sebesar 2.253 unit atau menguasai 97,87 persen pasar di kelasnya.

Baca juga: Toyota bawa empat kendaraaan niaga versi kustom di Giicomvec 2020

Sebagai kendaraan komersial dengan ‘jam terbang tinggi', Toyota meningkatkan kinerja mesin diesel pada Hiace Commuter dengan memasang power unit 1KD-FTV 2.982 cc bertenaga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 30,6 Kgm pada 1.200 – 2.400 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi manual ke roda belakang.

Penambahan kapasitas mesin merupakan upaya memperkuat kemampuannya mengangkut penumpang di segala medan jalan, meningkatkan kualitas berkendara, serta membuat Hiace Commuter lebih efisien dalam mengolah bahan bakar.

Pada tampilan eksterior, terdapat New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, serta pilihan warna Silver Metallic dan White. Untuk memudahkan parkir, mobil didukung New Parking Sensor.

Di dalam kabin, Hiace terbaru menambah fitur Display Audio AVX 7, USB Charging 4 ports, fitur keamanan 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai safety features.

Model tertinggi Hiace Premio menggunakan mesin 1GD-FTV 2.800 cc 4 silinder VNT Intercooler dengan transmisi manual 6-speed bermesin Euro 4. Dapur pacu itu sanggup menghasilkan tenaga hingga 176,8 PS pada 3.400 rpm dan torsi 42,8 Kgm pada 1.400 – 2.600 rpm.


Baca juga: Toyota HiAce punya wajah baru, harga tipe Premio Rp516 juta

Baca juga: Toyota Hiace terbaru debut di Filipina, sasar pasar berkembang

Baca juga: Toyota rilis New Hiace Luxury dan New Dyna
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022