Jakarta (ANTARA) - Suzuki Wagon R pada tahun fiskal 2021-2022 memuncaki penjualan mobil di India untuk pertama kalinya sejak mobil itu diproduksi di Pabrik Gurugram pada 1999, dengan penjualan 188.838 unit atau naik 18 persen dari tahun lalu 160.330 unit, lapor Economic Times pada Selasa.

Suzuki Wagon R menggeser penjualan city car Suzuki Swift yang kini menduduki peringkat kedua sebanyak 167 ribu unit, sedangkan Baleno di urutan tiga sebanyak 146 ribu unit, Suzuki Alto sebanyak 145 ribu unit dan Suzuki Dzire 126 ribu unit.

Dengan demikian, ada lima produk Suzuki yang menguasai penjualan mobil di India pada tahun fiskal 2021-2022.

Baca juga: Suzuki investasikan 1,4 Miliar dolar AS untuk urusan kendaraan listrik

Pesaing terdekat mereka adalah Tata Motor melalui produk Tata Nexon yang terjual 124 ribu unit di urutan keenam dan Hyundai Creta dengan 118 ribu unit di peringkat tujuh.

Direktur eksekutif Maruti Suzuki India, Shashank Srivastava, menjelaskan bahwa penjualan Wagon R didorong hadirnya versi bahan bakar gas (CNG) yang diminati konsumen, yakni menyumbang 40 persen dari angka keseluruhan penjualan city car mungil itu.

"Semua lima mobil terlaris di India adalah mobil kecil yang menunjukkan pentingnya mobil jenis itu di pasar, bahkan melewati SUV," kata Shashank Srivastava.
Suzuki Wagon R India (ANTARA/HO Maruti Suzuki)


Model lain yang menggunakan bahan bakar CNG adalah Suzuki Ertiga dengan penjualan 117.150 unit.

“Permintaan untuk versi CNG sangat kuat. Begitu banyak sehingga meskipun kami ingin menawarkan lebih banyak model dengan CNG, kami tidak dapat melakukannya karena kami tidak dapat sepenuhnya memenuhi permintaan untuk model yang ada,” tambah Srivastava.

Baca juga: Suzuki investasi di India untuk tingkatkan produksi EV

Di sisi lain, Tata Motor menilai mobil sport utility vehicle tetap memiliki potensi yang kuat di India. Tata Nexon misalnya, meskipun di urutan keenam namun mampu terjual dua kali lipat pada tahun fiskal 2021-2022 dibanding periode sebelumnya.

"Saat tren konsumen beralih ke SUV, kami melihat bahwa portofolio kami tumbuh jauh lebih kuat. Dan Nexon, sejak diluncurkan, telah menjadi sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan kami di segmen SUV,” kata Shailesh Chandra Presiden Kendaraan Penumpang Tata Motors.

Di Indonesia, Karimun Wagon R telah berhenti diproduksi untuk pasar domestik sejak akhir tahun 2021, namun tetap diekspor dalam bentuk Completely Knock Down (CKD).

Baca juga: Intip trio mobil modifikasi Suzuki di IIMS 2022, ada XL7 Camper Van

Baca juga: Suzuki luncurkan mesin tempel di IIMS Hybrid 2022

Baca juga: Suzuki luncurkan XL7 FF dibanderol Rp300 jutaan
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022