Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indonesia menegaskan bahwa mereka sedang fokus mempersiapkan kendaraan listrik mereka seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa produsen otomotif di Indonesia lainnya.

Hal itu dilakukan guna mendukung program pemerintah yang sedang menggencarkan penurunan angka emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada 2030, Suzuki Indonesia berkomitmen untuk mendukung program tersebut dengan memfokuskan diri pada pengembangan kendaraan elektrifikasi.

"Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid," ungkap Managing Director Suzuki Indonesia, Shodiq Wicaksono dalam keterangan resminya dikutip Jumat.

Dalam hal ini, Suzuki akan berfokus pada kendaraan yang ramah lingkungan yang dimulai dengan kendaraan hibrida serta mereka juga akan menekankan bahwa kendaraannya juga akan ramah dengan kantong dari masyarakat Indonesia.

Pengembangan teknologi hybrid yang Suzuki lakukan adalah langkah awal Perusahaan dalam mengenalkan teknologi elektrifikasi yang sejalan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. Ke depannya, Suzuki akan terus berinovasi mengembangkan kendaraan elektrifikasi lainnya secara bertahap.

Sayangnya, Suzuki harus menghentikan produk Suzuki Karimun Wagon R. Meski begitu, penghentian produksi Karimun Wagon R ini hanya berlaku untuk pasar domestik.

"Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi," tutur dia.

Sebagai informasi tambahan, mobil mungil milik Suzuki ini hadir dengan mesin yang berkode K10B tiga silinder dengan kapasitas 998 cc dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 68 hp serta 90 Nm. Suzuki Karimun Wagon R menghadirkan dua pilihan, yakni transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan

Dalam hal ini, Suzuki Wagon R tersedia dengan beberapa varian dan juga dengan fitur yang berbeda di setiap variannya. Untuk standar hadir dengan tipe GA, untuk tipe tengahnya ada GL dan yang tertinggi hadir pada varian GS.


Baca juga: Penjualan Karimun Wagon R naik berkat permintaan mobil operasional

Baca juga: Siapa cepat dia dapat, Suzuki Wagon R edisi spesial cuma ada 50 unit

Baca juga: Suzuki hadirkan Karimun Wagon R limited edition di IMX 2020
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021