Jakarta (ANTARA) - Memasuki era kendaraan listrik, Direktur PT Astra Otoparts Yusak Kristian mengatakan, Aspira akan tetap memperkuat portofolio sebagai merek suku cadang kendaraan roda dua dan empat.

"Begitu kita bicara kendaraan listrik, kan tidak semua hilang contohnya ban. Ban kan masih sama, jadi artinya Aspira akan tetap hadir setidaknya di portofolio yang hari ini, bannya akan tetap ada. Shockbreaker juga tetap ada," kata Yusak ketika dihubungi, Senin,

"Jadi, mungkin ada beberapa parts yang tereliminasi. Tapi tetap ada parts yang tetap eksis dan mungkin ada parts baru yang akan ada. Jadi untuk kesiapan Aspira, portofolio yang sudah jalan akan diteruskan dan yang baru, yang potensial, akan kita cari," lanjut Yusak.

Yusak juga mengatakan, pihaknya tidak akan hanya memperhatikan kemungkinan produksi baterai tapi juga semua komponen kendaraan bermotor.

Baca juga: Ban Aspira Premio diproduksi 1.5 juta unit pada 2016

"Kami tidak spesifik bicara baterai. Apapun parts-nya, apapun komponennya, kita akan perhatikan supaya dapat menjadi pelengkap portofolio kami," ujar Yusak.

Mengenai penjualan saat ini, Yusak mengatakan suku cadang telah menyumbang penjualan terbesar bagi perusahaan dengan mengikuti market share dari masing-masing produsen mobil. Diketahui, Aspira tidak hanya menyediakan suku cadang untuk kendaraan Honda, tapi juga produsen lain seperti Suzuki, Yamaha, hingga Kawasaki.

"Kalau kita tahu kan di sepeda motor itu Honda masih dominan, sehingga untuk Honda akan lebih besar dibanding Yamaha atau Suzuki. Jumlah produk juga lebih besar di roda dua karena historically, Aspira itu awalnya suku cadang untuk Honda," imbuh Yusak.

Sebagai brand lokal, Aspira diketahui menjadi salah satu sponsor di ajang MotoGP untuk mendukung tim Gresini Racing. Setelah mensponsori di kelas Moto2 sejak 2013, tahun ini Aspira naik ke kelas MotoGP.

Dengan menjadi sponsor tim Gresini Racing di MotoGP, Yusak mengatakan pihaknya merasakan peningkatan kesadaran merek atau brand awareness, mengingat MotoGP merupakan klimaks dari series balapan motor kelas dunia.

"Dampak dari MotoGP ini, awareness-nya lebih tinggi secara signifikan. Apalagi sejak Bastianini menang di Qatar," katanya.

Baca juga: Naik kelas ke MotoGP, ini dampak yang dirasakan Aspira

Baca juga: Alasan Aspira konsisten dukung tim Gresini di MotoGP

Baca juga: Astra Otoparts ajak 500 distributor Aspira saksikan MotoGP Mandalika
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022