Jakarta (ANTARA) - Universitas Budi Luhur (UBL) baru-baru ini melaksanakan acara "Green" Sunday Morning Ride (Sunmori) menggunakan dua motor listrik karya para mahasiswa dan dosen, yakni BL-CEV01 (Budi Luhur-Cargo Electric Vehicle-01) dan BL-SEV01(Budi Luhur- Sport Electric Vehicle-01).

Kegiatan berkendara menggunakan motor listrik ini merupakan bagian dari kampanye "Bersih dan Sehat Udara Negriku" dengan berkendara menggunakan transportasi bebas polusi, sekaligus menjadi rangkaian acara ulang tahun Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti ke 43 tahun.


Baca juga: UBL raih medali emas lomba teknologi informasi

"Motor listrik BL-CEV01 dan BL-SEV01 ikut Sunmori mengajak masyarakat untuk ikut menjaga udara bersih dan sehat untuk itu kami touring ke Monas. Mari kita sama-sama menjaga udara lepas dari polusi dan selalu sehat serta bersih," ujar Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino dalam rilis pers dikutip Jumat.

Rute perjalanan "Green Sunmori" ini dimulai dari Kampus Budi Luhur menuju Monas melintasi Jalan Sudirman, MH Thamrin, Medan Merdeka Utara, Harmoni, Kota Tua, dan berakhir di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Sujono menambahkan bahwa tujuan "Green Sunmori ini juga mengedukasi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan BBM dan bebas polusi.

"Harapan kami kendaran listrik semakin maju sehingga menjadi lingkungan bersih dan sehat," kata Sujono.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro mengatakan di tengah pandemi COVID-19 ini Universitas Budi Luhur terus melakukan inovasi dan berkarya untuk bangsa dan negara.

Dia mengatakan Universitas Budi Luhur konsisten mengembangkan kendaraan listrik hasil riset dan inovasi dosen serta mahasiswa. Salah satu karya yang dihasilkan yakni motor listrik BL-SEVO1 yang telah melakukan turing Jakarta-Mandalika pada Oktober 2021.

Sebelumnya, motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan perjalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB, sejauh 1.340 km. BL-SEV01 menjadi sepeda motor listrik buatan dosen dan mahasiswa pertama yang melakukan perjalanan hingga Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Motor listrik BL-SEV01 sukses jalani uji coba Jakarta-Mandalika

Baca juga: KSBL kasih beasiswa di daerah pelosok Jawa, Bali dan Lombok

Baca juga: Motor listrik besutan UBL dan LIPI jajal lintasan Sentul
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022