Semarang (ANTARA News) - Sepeda motor tipe "matic" kian dilirik, ditandai dengan dominasi penjualan motor bertransmisi automatis itu dibanding "nonmatic".

"Sepeda motor `matic` memang lebih disukai dan banyak dicari, mungkin karena dianggap lebih praktis dibanding sepeda motor bertransmisi manual," kata Manager Supervisor "Honda Jaya Motor", Andrianto, di Semarang, Kamis.

Menurut dia, kecenderungan naiknya tingkat penjualan sebenarnya sudah terlihat sejak bulan Juli lalu yang mencatat angka penjualan sepeda motor mencapai 262 unit selama satu bulan, padahal Juni lalu hanya 150 unit.

Ia mengatakan naiknya penjualan sepeda motor sejak bulan lalu kemungkinan besar dipengaruhi momentum Lebaran yang membuat banyak masyarakat yang ingin mudik dengan motor baru, atau ingin ganti motor saat Lebaran.

"Dari penjualan sepeda motor yang mencapai 262 unit pada Juli lalu, tipe `matic` yang paling banyak mencapai 60 persen. Untuk bulan ini kemungkinan penjualan terus mengalami kenaikan mendekati Lebaran," katanya.

Ditanya varian motor yang ditawarkan, ia menyebutkan untuk tipe "matic" sebenarnya ada lima varian merek Honda yang ditawarkan, namun hanya tiga varian yang paling diminati, yakni Honda Vario Techno, Vario, dan Beat.
(KR-ZLS/I007)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011