Jakarta (ANTARA News) - BMW Group memamerkan mobil konsep BMWi3 yang menggunakan tenaga listrik. BMW i3 akan diluncurkan pada 2013 sedangkan saudaranya, BMW i8, pada 2014.

"Kami selalu menyimpan angan-angan untuk bisa mempersembahkan mobil listrik pada konsumen,” kata Norbert Reithofer, Chairman dari Board of Management BMW AG, di sela penampilan perdana kedua model tersebut di Frankfurt.  

Menurut siaran pers perusahaan itu,  BMW i3 Konsep hadir dengan penggerak listrik tanpa menghasilkan emisi dan sanggup menempuh jarak 150 kilometer.

Mobil itu digerakkan oleh tenaga motor listrik 125 kW menggunakan rancangan arsitektur LifeDrive berupa sebuah carbon passenger cell  agar berbobot ringan hanya 1.250 kilogram.

Ruang kabinnya luas tanpa mengurangi tingkat keamanan ketikan berbenturan yang sangat tinggi.  

Mobil itu miliki empat tempat duduk serta bagasi dengan volume 200 liter— sangat cocok untuk mobil sehari-hari.

“Mobil ini menandai pertama kalinya mobil yang sebagian besar bodinya berbahan karbon,” kata Klaus Draeger, Member of the Board yang bertangungjawab menangani Pengembangan.  

BMW i3 sanggup melesat dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 kilometer perjam hanya dalam waktu delapan detik dan sebuah high-speed charger, pengisian baterai hingga 80% dapat berlangsung hanya dalam satu jam.
(adm)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011