Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berniat menjadikan pameran Indonesia International Motor Show sebagai rujukan di Asean.

"Kami terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pameran," ujar Ketua Panitia IIMS ke-19 Johnny Darmawan di Jakarta, Senin.

Ia menyatakan, jumlah agen pemegang merek (APM) dan industri pendukung terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2009, jumlah peserta hanya 163. Jumlah peserta bertambah menjadi 203, dan tahun ini meningkat menjadi 256 peserta.

Luas lahan pameran, kata Johnny, pun terus bertambah setiap tahunnya, mulai 40.000 m2 pada 2009, 57.000 m2 tahun 2010, dan 63.000 m2 di tahun ini.

"Kami terus berusaha agar pameran IIMS semakin baik dalam segala aspek penyelenggaraan. Hal ini karena kami ingin menjadikan IIMS dapat seimbang dengan pameran-pameran otomotif yang menjadi rujukan di beberapa negara lain. Target pertama adalah di Asia Tenggara," kata Johnny yang juga ketua III Gaikindo.

Lebih lanjut ia mengatakan, fasilitas lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung adalah fasilitas test drive yang menampilkan 32 mobil dari 13 merek APM di area Pusat Niaga JIExpo.

Charging corner juga di persiapkan di beberapa titik area pameran agar pengunjung tidak kehabisan baterai handphone mereka selama menikmati pameran IIMS.

Bagi pengunjung yang berasal dari Bandung, IIMS bekerjasama dengan DAYTRANS travel memberikan program promo penyediaan paket travel Jakarta-Bandung PP dengan rute ke IIMS.

"Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai promosi menarik, program pendukung dan fasilitas yang tentunya dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung. Khususnya penampilan Russ Swift Stunt Show yang menggunakan mobil Subaru, sampai dengan akhir minggu ini di outdoor area," kata Lia Indriasari, Division Manager Otomotif Dyandra Promosindo.

Dyandra mencatat, jumlah pengunjung pada hari pertama mencapai 28.521 orang. IIMS digelar di JIexpo Kemayoran, Jakarta, pada 22-31 Juli 2011.
(ANT-258)
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011