Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi Motor Corporation (MMC) akan memproduksi mobil kecil pada Maret 2012 di pabrik ketiganya di Thailand, untuk saat ini mobil itu masih sebagai "global small concept".

"Global small concept yang merupakan model konsep dari kendaraan penumpang yang kompak, rencananya akan diproduksi pada bulan Maret 2012 di pabrik baru ketiga MMC di Thailand," kata Presdir PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), H Mizuhara, di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan hal itu pemaparan mengenai 11 mobil Mitsubishi yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-19, Jakarta International Expo, Kemayoran.

Mobil konsep tersebut berjenis sedan buntung (hatchback) yang bisa menampung lima penumpang. Modelnya yang kompak dan gaya, dimaksudkan untuk membidik pasar kalangan muda.

Dalam keterangan pers KTB disebutkan bahwa mobil konsep yang pertama kali dipamerkan pada ajang Geneva International Motor Show tersebut, memiliki fitur utama kompak, terjangkau, dan hemat bahan bakar dengan mesin 1.000cc dan 1.200cc, serta transmisi CVT.

"Semua itu untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mereduksi emisi CO2 dengan target 90 gram/km," katanya.

Selain itu mobil berdimensi 3.740mm dengan lebar 1.680mm dan tinggi 1.490mm itu dilengkapi teknologi auto stop and go, sistem pengereman yang regeneratif, dan aerodinamika yang diyakini mampu menekan penggunaan bahan bakar.

"Mobil itu akan mampu melesat lincah di jalanan ibu kota," katanya.

KTB merupakan pelaku bisnis otomotif ketiga terbesar di Indonesia setelah Toyota dan Daihatsu, dengan pengusaan pasar sekitar 15 persen.

(R016/S006)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011