Jakarta (ANTARA News) - PT Garuda Mataram Motor, agen pemegang merk Volkswagen di Indonesia, meluncurkan New Touran, mobil keluarga yang diklaim mewah, lebih inovatif, dan yang terpenting cocok digunakan untuk mudik.

"New Touran adalah mobil keluarga dengan teknologi lebih canggih ketimbang model sebelumnya dan cocok digunakan untuk mudik," kata Eko Yulianti, Training Manager GMM, ketika memperkenalkan MPV terbaru VW itu di Pondok Indah Kapuk, Jakarta utara, Selasa.

Mobil dengan tujuh tempat duduk hasil pengembangan dari VW Touran itu mempunyai beberapa fitur yang cocok untuk perjalanan jauh ketika mudik antara lain mesin yang lebih mumpuni dan efisien, kenyamanan berkendara, dan kepraktisan ruang interiornya.

Soal mesin,VW New Touran dibekali mesin 1,4 liter TSI, mesin bensin direct injection dengan supercharger dan turbocharger (twincharger) yang mampu menghasilkan tenaga 140 horse power pada putaran mesin 5.600 rpm dengan torsi puncak 220 Nm di 1.500-4.000 rpm.

Untuk mendukung performanya di jalanan, mobil rakitan dalam negeri itu dilengkapi dengan sistem transmisi 7-speed Direct Shift Gearbox (DSG), yang membuat perpindahan gigi lebih halus.

Berbekal mesin tangguh dengan teknologi teranyar, VW New Touran bisa menempuh 14,5 kilo meter dengan hanya satu liter bahan bakar.

"Tetapi menghadapai lalu lintas Jakarta, setelah melakukan uji coba, New Touran menempuh 12,5 kilo meter dengan satu liter bensin," kata Andrew Nasuri, CEO GMM dalam sambutannya ketika meluncurkan New Touran.

Selain itu New Touran juga punya ruang dalam yang lebih luas dengan tempat duduk yang fleksibel, bisa dilipat, digeser, bahkan dicopot untuk memberi ruang yang lebih luas. Alhasil bagasi mobil keluarga itu bisa menampung muatan hingga 1.913 liter. Selain itu New Touran dibekali fitur 'roof rails' yang mampu memikul beban hingga 100 kilo gram.

Soal keamanan, New Touran juga mumpuni karena dilengkapi dengan 6 airbag di jok baris depan, 2 side airbag, dan 2 curtain airbag. Ada pun fitur Electronic Stability Programme (ESP) yang terpasang pada mobil itu, mencegah terjadinya oversteering dan understeering.

Untuk pengereman New Touran menggunakan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist System (HBA), Traction Control System (TCS), dan Electronic Differential Lock (EDL).

Tersedia dalam empat warna - toffee brown, reflect silver, candy white, dan deep black- New Touran dibanderol dengan harga Rp. 390.000.000 off the road Jakarta.

(Ber/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011