Jakarta (ANTARA) - PT Bridgestone Indoensia resmi menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Serikat Pekerja dari PUK SPSI KEP 3 Wilayah yaitu Pabrik Bekasi, Pabrik Karawang dan Kantor Pusat yang disaksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

Upaya itu sejalan dengan fokus utama Bridgestone untuk meningkatkan daya saing, produktivitas dan kualitas produk dari perusahaan karet bundar tersebut.

"Pembaharuan PKB ini merupakan wujud upaya bersama dari Manajemen dan Serikat Pekerja untuk terus menjaga hubungan industrial yang harmonis, di tengah tantangan era persaingan yang begitu dinamis," ungkap Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno dalam keterangan resminya, Kamis.

"Kami percaya, hal tersebut hanya dapat dicapai melalui hubungan industrial yang harmonis, dimana semua karyawan saling bahu membahu memastikan keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan pasar yang ada di dalam maupun luar negeri," kata Mukiat.

Dalam kesempatan ini, PKB yang ke XIV bagi PT Bridgestone Tire Indonesia dan akan berlaku untuk periode 2022-2024. 

"Selamat kepada PT Bridgestone Tire Indonesia dan Serikat Pekerja yang telah berhasil melaksanakan perundingan PKB ke XIV ditengah situasi pandemi COVID-19 dimana dibutuhkan kerja keras, komunikasi efektif, komitmen, empati dan persepsi yang sama dari pihak Manajemen dan Serikat Pekerja," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Dr. Hj. Ida Fauziyah.

Dalam sambutannya pula, Ida Fauziyah berharap momentum ini dijadikan komitmen bersama untuk mewujudkan kemitraan yang baik antara Manajemen dengan Serikat pekerja PT Bridgestone Tire Indonesia sehingga dapat mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan tetap terjaga.

"Saya menyampaikan apresiasi atas segala upaya perusahaan dalam membantu pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19, seperti Sosialisasi Protokol Kesehatan dan bahaya COVID-19 serta Vaksinasi Massal yang ditunjukkan tidak hanya kepada pekerja saja tetapi juga beserta keluarganya," kata dia.

Acara PKB ini juga dihadiri oleh Dirjen HIJamsos Kemenaker RI, Ibu Dra. Indah Anggoro Putri, M. Bus., Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bapak Budi Hartawan, S.E., M.A., jajaran Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Selain itu, hadir juga Petinggi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Ketua DPK APINDO Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang, Ketua PC FSP KEP SPSI Kab-Kota Bekasi dan Kab. Karawang selaku para stakeholder yang terlibat selama proses pembahasan PKB dan turut mendukung terciptanya iklim hubungan industrial yang harmonis di PT Bridgestone Tire Indonesia.

Baca juga: Awal tahun, Bridgestone buka store baru di PIK

Baca juga: Alasan Bridgestone belum mau produksi Battlax secara lokal

Baca juga: Komitmen Bridgestone di hari jadi yang ke-45 untuk Indonesia
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022