Jakarta (ANTARA) - Vice President UD Trucks Indonesia, Aloysius Chrisnoadhi mengungkapkan perusahaan  akan menghadirkan kendaraan-kendaraan berteknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) guna menyambut regulasi emisi Euro 4 pada 2022.

"Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta diler dan aftermarket kami telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program perkembangannya," ungkap Aloysius Chrisnoadhi dalam acara media gathering di Jakarta, Kamis.

Teknologi SCR diklaim mampu beradaptasi dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4.

Dalam hal ini, SCR memiliki pola kerja untuk mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran.

Dengan meningkatkan tekanan injeksi sehingga tercipta pembakaran yang sempurna akan mengurangi partikel sisa secara signifikan. Berikutnya NOx akan diolah dengan menggunakan katalis yang berasal dari urea atau dikenal dengan nama AdBlue.

"Jadi teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, dimana sistem SCR menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun," kata dia. lanjut Chrisnoadhi.

Serangkaian manfaat juga akan didapatkan oleh para pengguna kendaraan UD Trucks yang menggunakan teknologi SCR dan Adblue, salah satunya adalah interval servis yang lebih lama. DImana kita ketahui, kendaraan komersial memiliki jadwal yang sangat padat karena selalu digunakan untuk kegiatan bisnis.

Selain itu, teknologi SCR juga diklaim mampu mengurasi gas NOx hingga 90 persen sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50 sampai dengan 90 persen.


Baca juga: UD Trucks akan bawa kendaraan yagn lebih ramah lingkungan tahun depan

Baca juga: Jelang Euro 4, UD Truck hadirkan program UD Pro-Care

Baca juga: Jelang Euro 4, Isuzu pastikan kesiapan layanan purna jual
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022