Jakarta (ANTARA News) - Kalau "googling" untuk tahu sosok pembeli kendaraan ramah lingkungan Toyota Prius Hybrid, yang muncul adalah  nama para pesohor, pengusaha dan tokoh pemerintahan.

Bos  Apple Steve Wozniak,  bos Google Sergey Brin, aktris sadar-lingkungan  Natalie Portman hingga Bill Maher tercatat punya Prius.

Prius seharga 26 ribu dolar AS tak bisa disebut kendaraan ekonomi,  apalagi  pembelinya di AS punya pemasukan rata-rata 83 ribu dolar per tahun, artinya golongan menengah-atas.

Mereka pilih Prius bukan karena harga tetapi karena ramah lingkungan: 50 mil per galon BBM.

Berdasarkan kenyataan itu, jurnalis otomotif New York Times Lawrence Ulrich  menulis tentang alasan Toyota melahirkan Lexus CT200h (hybrid).

Hatchback hibrida mewah itu menurut Ulrich memang lebih baik dari Prius. Harganya juga  8.000 dolar lebih mahal. CT 200h masih kalah dari Prius dalam hal jarak tempuh, tapi  44 mil per galon sudah "lumayan".

Kelebihannya, CT lebih mewah, lebih tenang dan terasa lebih kokoh. Desainnya  khas pada interior dan eksterior.

Kendaraan itu bisa menarik dua jenis pelanggan : mereka yang bosan dengan Prius miliknya dan orang-orang yang mendambakan jarak tempuh yang tinggi namun tak mau naik Prius yang bercitra ekonomi dan "kotak."

Lexus dilengkapi  sepasang "peredam berkinerja lateral,"  teknologi rancangan Yamaha dan yang pertama kali diproduksi massal.

Penampilan mewah CT200h menurut Ulrich dengan mudah mensejajarkan hatchback (sedan buntung) itu dengan saingannya yaitu  BMW Seri 1 atau Audi A3.

Sedikit kritik dari Ulrich, baterai nikel-metal-hydride (1,4 kilowatt jam) ada di bawah dek kargo dan mempersempit ruang untuk barang.

The CT 200h mengadopsi dapur pacu Prius : 1.8-liter 98-tenaga kuda 4-silinder dengan motor listrik yang meningkatkan output total 134 tenaga kuda. Akselerasinya setara dengan Prius, dengan 0-ke 100 km/jam dicapai dalam 9,8 detik tapi  Lexus punya kelebihan: bunyi tak sebising dan getaran tak separah Prius.

Tombol berwarna perak di dashboard tersedia untuk mode mengemudi  Eco, Normal dan Sport. Ada juga tombol E.V.  jika pengemudi ingin menggunakan hanya tenaga listrik dengan jarak tempuh sekitar satu mil.

E.V. operasi hanya bekerja di bawah 25 mil/jam dan setelah itu mesin bensin otomatis hidup untuk mendukung baterai. Mode  E.V.  cocok digunakan saat lalu lintas macet.

Ulrich mengutip statistik pemerintah AS yang menyebut bahwa Lexus menghabiskan biaya BBM  1.374 dolar, sedangkan A3 hatchback diesel lebih banyak 400 dolar dan  lebih hebat 700 dolar dibandingkan Mini Cooper.
(A038)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011