Jakarta (ANTARA) -
PT Toyota-Astra Motor (TAM) menerjunkan sebanyak 13 unit kendaraan elektrifikasi mereka untuk diuji mulai dari Jakarta, Solo, Semarang hingga Yogyakarta, menjadikan kegiatan uji coba kendaraan kali ini paling ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut.

Hal itu juga sempat dinyatakan oleh Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto di Solo.

Dalam kegiatan yang bertajuk “Toyota Eco Journey – JTD Electrification Line Up 2024”,  ANTARA berkesempatan mengikuti rangkaian yang dilaksanakan sejak 26 sampai dengan 28 Agustus 2024.
 
Berbagai kendaraan elektrifikasi yang didominasi dengan kendaraan hybrid milik Toyota hampir ANTARA rasakan semua. Dari 13 kendaraan, Toyota menyediakan 4 unit All New Yaris Cross HEV, 3 unit All New Kijang Innova Zenix Q HEV.
 
Selain itu terdapat juga 1 unit All New Kijang Innova Zenix V HEV, 1 unit All New Alphard HEV, 1 unit All New Vellfire HEV, 1 unit All New RAV4 GR Sport PHEV, dan 1 unit All New Prius HEV yang baru diluncurkan pada GIIAS 2024.

Baca juga: Toyota sebut penyebaran hybrid sudah merata di seluruh Indonesia

Baca juga: Toyota dinilai tunjukkan keunggulan produk kendaraan elektrifikasi
 
Pada hari pertama, ANTARA bersama tiga orang media lainnya berkesempatan untuk mencoba keandalan, kelincahan serta keiritan yang dimiliki oleh All New Yaris Cross HEV untuk menjajal jalan Trans Jawa.

Terbukti, kendaraan ini memberikan sensasi berkendara yang memberikan rasa nyaman dan juga aman kepada pengendara maupun penumpang dengan kecepatan rata-rata 80 km/h kami berhasil menembus angka 23 km/l.
 
Toyota All New Yaris Cross HEV pada saat uji coba bertajuk Toyota Eco Journey – JTD Electrification Line Up 2024 dari Jakarta menuju Yogyakarta. (ANTARA/Toyota Indonesia)
 
Untuk angka konsumsi bahan bakar, setiap pengendara akan memberikan hasil yang berbeda tergantung cara mengemudi dan beban yang dibawa. Dalam kegiatan ini, bahkan terdapat salah satu peserta yang berhasil mendapatkan angka efisien yang lebih besar.
 
Selain All New Yaris Cross HEV, ANTARA juga diberikan kesempatan untuk menjajal All New Kijang Innova Zenix Q HEV yang memberikan kenyamanan dalam berkendara dengan interior yang lapang.
 
ANTARA juga mendapatkan kesempatan untuk merasakan kenyamanan yang dihadirkan oleh kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) premium dari Toyota, yakni All New Alphard HEV. Kendaraan canggih dan modern ini, memberikan sensasi kepada para penumpangnya layaknya eksekutif muda. Berbagai peralatan modern juga turut dibenamkan dalam kendaraan ini.
 
All New Alphard HEV sudah menggunakan Detachable Smartphone-like Remote Control untuk mengatur berbagai fitur yang ada, mulai dari hiburan sampai privasi seperti Adjustable Rear Side Shade.
 
Toyota All New Alphard HEV pada saat uji coba bertajuk Toyota Eco Journey – JTD Electrification Line Up 2024 dari Jakarta menuju Yogyakarta. (ANTARA/Toyota Indonesia)


Baca juga: Toyota dan BMW akan perluas kerja sama kendaraan sel bahan bakar
 
Tidak hanya itu saja, ruang yang lapang juga dihadirkan berkat desain bangku dengan model Captain Seat yang Fully Electric mampu menambah kenyamanan penumpang di baris kedua.
 
Tidak heran, jika kendaraan yang memiliki dimensi panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.945 mm dengan jarak poros roda (wheelbase) 3.000 mm dengan ukuran ban 225/55 R19 ini digemari oleh konsumen yang menginginkan kenyamanan dalam berkendara.
 
Selain itu, ANTARA juga sempat merasakan berkendara dengan menggunakan All New RAV4 GR Sport PHEV. Kendaraan yang dibanderol dengan harga Rp1,15 miliar ini juga tidak kalah dengan kendaraan-kendaraan yang sudah diuji coba lainnya dalam segi performa.
 
Kendaraan yang bersaing dengan Mazda CX 9 AWD, Audi Q5 2.0 TFSI Quattro, BMW X1 sDrive18i xLine, Mercedes Benz GLB-Class 200 Progressive Line dan Hyundai Palisade Signature AWD ini hadir dengan mesin PHEV 2487 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 4 valve, DOHC.
 
Dengan bekal yang mumpuni itu, kendaraan ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 182 hp dengan torsi 227 Nm. Tidak heran, jika kendaraan sanggup memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan.
 
All New RAV4 GR Sport PHEV pada dasarnya memiliki karakter berkendara yang sama dengan HEV Toyota. Bedanya, fitur charging port memberikan fleksibilitas kepada pelanggan yang mau memanfaatkan fasilitas charging station untuk mengisi baterai hybrid, guna menambah jarak tempuh zero emission ala BEV.

Baca juga: Proyek sel bahan bakar Toyota mulai berproduksi di Beijing
 
Yang menjadi bintang pada uji coba kali ini adalah All New Prius HEV. Mobil hybrid yang baru saja diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 lalu ini memang banyak mendapatkan perhatian baik dari kalangan media hingga masyarakat yang ada di jalan.
 
Dengan warna kuning yang mencolok, kendaraan ini seolah berbeda dengan kendaraan-kendaraan yang digunakan oleh kebanyakan media yang mengikuti rangkaian tersebut.
 
Desain yang aerodinamis dan futuristik ini juga seolah mengisyaratkan bahwa kendaraan ini siap untuk memuaskan para penggunanya dalam berkendara di atas rata-rata.
 
Dalam uji coba ini, Prius generasi kelima ini mencatatkan tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi, yaitu sekitar 29.4 km/L.
 
Dengan jarak berkendara 215 km dari Jakarta menuju Cirebon dan jarak 225 km dari Cirebon menuju Semarang gabungan dari 12 unit yang dibawa ini berhasil mengurangi emisi karbon sebanyak lebih dari 41 kg CO2 jika dibandingkan dengan mobil ICE.
 
“HEV Toyota dapat diterima dengan baik karena sesuai ekosistem, ketersediaan infrastruktur, dan kebiasaan berkendara masyarakat. Supaya dapat memberikan informasi lebih komprehensif terkait Hybrid EV Toyota, serta membuktikan keandalannya di medan jalan yang beragam, kami mengajak para jurnalis nasional untuk merasakan langsung kinerjanya dalam journalist test drive kolosal ini,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga: Produksi global Toyota bulan Juli turun 0,6 persen

Baca juga: BMW dan Toyota perluas kemitraan ciptakan mobil hidrogen

Baca juga: Toyota anggap pasar sedan kurang agresif, Prius hybrid kena imbas?
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024