Jakarta (ANTARA News) - Seberapa bisa anda irit bensin dengan sepeda motor Honda Revo?  Coba ikuti lomba Adu Jagon Irit Revo yang diselenggarakan di beberapa kota besar.

PT Astra Honda Motor (AHM) menggandeng sejumlah main dealer dan perusahaan untuk menggelar lomba Adu Jagoan Irit Revo.

“Adu Jagoan Irit Revo 2011 penghematan BBM sekaligus memberi kesempatan ke konsumen untuk membuktikan keiritan
Honda Revo,” kata GM Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra.

Jagoan Irit Revo  digelar  di 10 kota besar dan diawali di Kota Tangerang pada hari Minggu 22 Mei oleh Main Dealer PT Wahana Makmur Sejati.

Selanjutnya, antara lain akan digelar pada tanggal 29 Mei di Alun-alun Klaten, Lapangan Joglo Cianjur Jawa Barat, Lapangan Albatros Sidoarjo Jawa Timur. Lalu pada 5 Juni di Pantai Losari Makassar.

Pada tanggal 12 Juni Jagoan Irit Revo 2011 digelar di Lapangan MTQ Pekanbaru, PTC Palembang dan Carrefour Yamin Ginting Medan. Sebagai penutup pada 26 Juni di Lapangan Melati Sleman DIY dan Lapangan Saburai Lampung.

Adu Jagoan Irit Revo 2011 dilakukan dengan mengambil rute jalan-jalan umum dan berkendara secara berboncengan dengan jarak antara 10km hingga 20km.

Terdapat dua kategori peserta yaitu umum dan jurnalis dengan ketentuan Honda Revo 110 standar.

Pelaksanaan lomba adalah pada hari Sabtu dan Minggu. Pada hari pertama, semua motor peserta akan diperiksa dan oli serta busi akan diganti.  Peserta akan diberi penjelasan soal safety riding, aturan dan rute lomba serta peserta mendapat kesempatan uji rute.

Hari kedua, panitia akan memasangkan tabung bensin dan pengukuran awal BBM yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera start.

Lomba itu punya konsep "amazing race" yaitu peserta diwajibkan mengikuti games dan mengunjungi cek poin yang sudah ditentukan untuk berbelanja dengan uang uang sudah disiapkan.

Setiba di finish, panitia akan melepas tabung bensin sekaligus melakukan pengukuran akhir BBM untuk menentukan pemenang lomba.

Di setiap kota kan dipilih pemenang dengan predikat "Jagoan Kita Semua". Penentunya tak hanya konsumsi BBM paling irit tetapi juga kecepatan waktu, kelengkapan cek poin dan sisa uang kembalian terbanyak.

Predikat pemenang lain adalah "Jagoan Irit" dengan konsumsi bahan bakar teririt, belanja minimal 1 item, kelengkapan cek poin dan waktu tercepat 1, 2, dan 3.

Revo 110 memiliki mesin 4 tak dengan kapasitas 110 cc yang dilengkapi teknologi terbaru EFT (Efficient & Low-Friction Technology) dan teknologi SASS (Secondary Air Supply System) dan CECS (Crankcase emission Control System).

Honda Revo Series pada Januari hingga April tercatat laku sebanyak 270.688 unit. Mulai bulan Maret, tersedia varian Revo Fit dengan beberapa perubahan penampilan antara lain utility box di bawah jok bertambah dari 4,7 liter menjadi 7 liter.
(A038)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011