Jakarta (ANTARA News) - LED, barisan lampu kecil yang mendampingi lampu  depan dan biasa ada pada kendaraan-kendaraan mewah, kini makin banyak digunakan berbagai jenis kendaraan.

Audi adalah merek pertama yang menggunakan lampu-lampu kecil dioda itu.  

Seiring turunnya harga LED, makin banyak pabrikan yang memasang jenis lampu itu pada kendaraannya.  USAToday mencatat kendaraan baru itu antara lain  adalah Kia.

Merek asal Korea itu memasang LED untuk lampu siang hari pada Soul corssover 2012 dan Rio.  Jajaran lampu Soul terdiri dari dua lapis LED di setiap lampu depan dan dua baris di lampu belakang.

Wolkswagen memasang LED dengan bentuk melingkar pada VW Beetle 2012. Chrysler memasang LED di lampu depan sedan seri 200 dan 300.

Ford menggunakan LED pada sedan Taurus, khususnya pada lampu sein dan lampu belakang. Hyundai memasangnya pada sedan mewahnya, Genesis.

"LED menambah sentuhan mewah, dan ternyata tak cuma itu," kata Vice President Hyundai Chris Hosford.

"LED membuka jalan bagi para perancang cara baru dalam berkreasi dengan lampu yang selama ini dibatasi oleh aturan federal. LED bisa dirangkai dalam berbagai bentuk," kata Hosford.

Susunan LED pada VW Beetle mempertegas karakternya  lewat lampu depan yang mirip "mata kumbang".

LED bergelombang pada Audi sudah jadi ciri khas merek itu.

Para perancang kendaraan melihat lampu LED sebagai jalan untuk mempertinggi penampilan kendaraan yang bukan kategori mewah.

"LED biasanya diasosiasikan dengan kendaraan mewah," kata kepala perancang Kia, Thomas Kearn.

LED sudah hampir jadi perlengkapan standar pada kendaraan mewah seperti Rolls-Royce dan Jaguar. Mercedes-Benz bahkan memasangnya hingga ke seri paling murahnya, C-Class. Lexus LF-Gh yang masih merupakan mobil konsep juga menggunakan lampu itu.
(A038/A038)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011