Jakarta (ANTARA News) -  Sedan hybrid Honda Insight berhasil meraih predikat sebagai “Cleanest Car 2011” pada ajang Jaffa’s Green Car Awards 2011 di Inggris. Ajang penghargaan ini tercipta atas kerjasama antara Jaffa’s, situs milesperlitre.com serta vcacarfueldata.org.uk untuk menganalisa kadar emisi dari berbagai produsen mobil dunia.

Riset yang dilakukan ketiga lembaga independen di bidang lingkungan tersebut tidak hanya menitikberatkan pada kadar emisi CO2 saja, namun juga memperhitungkan kadar emisi NOx, hidrokarbon, karbon monoksida, partikel PM10, dan bahkan polusi suara sekalipun.

Menurut hasil penelitian, partikel PM10 adalah penyumbang utama pencemaran terhadap lingkungan serta kesehatan diikuti dengan hidrokarbon, dan NOx. Mobil terbaik adalah mobil yang mempunyai kadar ketiganya yang paling rendah, begitu juga polusi suaranya.

Hasilnya, sepuluh jenis mobil berhasil terpilih sebagai “Cleanest Cars” untuk tahun 2011 ini. Dari sepuluh mobil tersebut, delapan merek mobil berhasil masuk ke jajaran sepuluh besar  Sepuluh mobil yang masuk ke jajaran sepuluh besar adalah mobil berbahan bakar bensin dan juga hybrid. Lima mobil adalah mobil berbahan bakar bensin sementara lima lainnya adalah mobil hybrid.

Hasil riset yang dilakukan oleh ketiga lembaga tersebut diumumkan di London, Inggris pada akhir Maret 2011 lewat ajang Jaffa’s Green Car Awards 2011 dimana Honda Insight mendapatkan predikat sebagai “Cleanest Cars” di antara sembilan jenis mobil lainnya.

Honda Insight mampu meraih angka sempurna yaitu 100 % dari hasil riset yang ada.

Insight adalah mobil sedan hybrid Honda yang mengusung tenaga mesin i-VTEC 1,3 liter dipadu dengan tenaga baterai dari Integrated Motor Assist (IMA).

Dari hasil riset, konsumsi bensin Honda Insight per 100 kilometer adalah 4,6 liter. Kadar emisi CO2 nya bahkan dibawah 100 mg per km yaitu 60 mg per km. Untuk standar emisinya, Honda Insight telah memenuhi standar emisi Euro 5 yaitu standar baru kadar emisi gas buang kendaraan bermotor yang mulai diberlakukan pada tahun 2010 silam di Eropa.

Honda Insight generasi kedua ini dirilis pada tahun 2009. Sejak dirilis, pangsa pasarnya sudah tersebar di Amerika Utara (Kanada dan Amerika Serikat), Eropa, Afrika Selatan, serta Asia-Oseania (Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Malaysia, dan Singapura).

Jaffa’s  merupakan kependekan dari Jaffa’s Juicy Bits, sebuah lembaga independen yang mengkaji seputar teknologi “hijau”, khususnya dalam hal ini performa mobil-mobil moden ramah lingkungan yang mengacu kepada analisa matematis.
(ANT/A038)
 
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011