Jakarta (ANTARA News) - Ferrari dikabarkan akan menjual model baru city car spesial di Australia akhir tahun ini. Disebut spesial, karena mobil mungil itu bermesin luar biasa, sepertiga kemampuan mesin Ferrari V 12.

Sydney Morning Herald melaporkan bahwa Fiat Abarth 695 Tributo Ferarri itu merupakan hasil kerjasama antara divisi peformance Fiat dan Ferrari yang merupakan anak perusahaan Fiat.

Mesin empat silinder hot-hacht itu akan menjadi city car  paling mahal di Australia, harga sekitar 80 ribu dolar AUS (setara sedan Audi A5 8T).

695 Tributo merupakan edisi spesial dari Abarth 500 Esseesse yang diluncurkan untuk pasar Australia pekan ini.

Ferarri Australia dan importir Fiat, Ateco Automotive mengatakan Ferarri Tributo akan jauh lebih bernilai dibandingkan city car Aston Martin Cygnet yang diperkirakan seharga sekitar 55 ribu dolar Aus saat dipasarkan akhir tahun 2012.

"Terdapat logo Ferarri di mobil itu, yang berarti mobil itu akan dijual melalui dealer Ferrari secara pre-order. Kami akan  membatasi laju produksi," Ujar Andrei Zaitzev general manager Fiat Australia.

"Mobil itu tak akan melampaui 100 ribu dolar, tetapi akan cukup mahal. Tak hanya penampilannya saja, peningkatan peforma - peningkatan gearbox, peningkatan mesin, perubahan di luar dan dalam menjadikannya selangkah di atas dari The Abarth Esseesse."

Mesin 1.4 litre turbocharged The Tributo Ferrari menghasilkan 132kW listrik dan torsi sebesar 250 Nm.

Tersedia dalam varian warna Ferarri Scuderia Red atau modena Yellow, kendaraan mungil itu mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam hanya dalam waktu tujuh detik dan mampu mencapai top speed sebesar 225 km/jam.

Gearbox manual elektromagnetik otomatis menyertakan tuas paddle gigi yang terpasang dengan kemudi bergaya F1.

Suspensi sporti berpadu dengan ban berukuran 17 inci yang dibalut dengan cengkraman karet dan rem dari Brembo. Perusahaan tersebut dipercaya untuk mengurus  rem pada mobil balap Ferrari F1.

Fitur standar lainnya termasuk lampu depan xenon, spion berbahan fiber karbon, kemudi dengan balutan kulit berwarna hitam, dan jok sporti.

Ide untuk mobil itu hadir setelah dealer Ferarri Eropa pada tahun 2009 menjual sejumlah mobil Ferarri Arbath 500 edisi terbatas. Awalnya, Abarth 500 ditujukan sebagai mobil sementara bagi pemilik Ferrari yang kendaraannya sedang diservis.

Pebalap F1, Fernando Alonso dan Felipe Massa, masing masing muncul dengan sebuah mobil Ferrari 695 tributo tahun lalu setelah mendominasi grand prix Italia di tahun 2010.
(yud/A038)  

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011