Jakarta (ANTARA News) – General Motors Company hari Kamis (24/2) mengumumkan pendapatan bersih sepanjang tahun 2010, yaitu sebesar  4,7 miliar dolar AS sebagai perusahaan baru.   

Siaran pers PT General Motors Indonesia - Chevrolet yang diterima ANTARA, Jumat, menyebutkan pendapatan sepanjang 2010 dari General Motors Company adalah  135,6 miliar dolar AS.

Perputaran uang dari aktivitas operasional adalah 6,6 miliar dolar dan perputaran free cash flow sebesar 2,4 miliar dolar,  keduanya merefleksikan konntribusi uang tunai sebesar  4 miliar dolar untuk pelunasan kepada pemerintah AS.  

"Pencapaian tahun lalu adalah pondasi dalam pembangunan identitas GM baru. Hal yang membanggakan adalah bahwa kami mampu menunjukkan kemampuan GM mencapai profitabilitas yang berkelanjutan dengan siklus industri AS, dengan pencapaian keuntungan selama empat kuartal berturut-turut," kata Dan Akerson, Chairman dan CEO GM.  
 
GM Amerika Utara (GMNA) meraih pendapatan sebelum bunga dan pajak pada kuartal keempat 2010 yaitu US$ 0,8 miliar, naik dibandingkan tahun sebelumnya yang merugi US$ 3,4 miliar pada kuartal keempat 2009. GM Eropa mengalami kerugian sebelum bunga dan pajak sebesar US$ 0,6 miliar.
Hal ini merupakan pencapaian yang lebih baik dibandingkan dengan kerugian 0,8 miliar dolar pada kuartal keempat tahun sebelumnya. GM International Operations (GMIO) meraih keuntungan sebelum bunga dan pajak sebesar 0,3 miliar dolar, turun dari  0,4 miliar dolar di kuartal keempat 2009.

Sementara itu, GM Amerika Selatan (GMSA) meraih keuntungan sebelum bunga dan pajak sebesar  0,2 miliar dolar sepanjang kuartal keempat 2010, dibandingkan US$ 0,3 miliar pada periode yang sama di 2009.
`    
Perputaran uang tunai otomotif dari aktivitas pabrik sepanjang kuartal keempat 2010 adalah 1,7 miliar dolar, yang merefleksikan 4 miliar dolar rencana iuran pensiun sukarela perusahaan. Sebelum pengurangan 1,1 miliar dolar dari belanja modal, perputaran uang tunai adalah sebesar  2,8 miliar dolar.

Sebagai hasil dari performa finansial GM sepanjang 2010, perusahaan akan membagikan keuntungan kepada setidaknya 45.000 orang pekerja GM di AS yang dibayar per jam dan setidak-tidaknya 3.000 karyawan yang memiliki saham GM.

Besarnya pembagian rata-rata keuntungan terhadap karyawan sekitar 4.300 dolar kepada pekerja yang dibayar per jam dan 3.300 dolar untuk karyawan yang memiliki saham GM.

Selain itu, GM mengumumkan  bahwa  tim manajemen dan Dewan Direksi Komite Audit menyimpulkan tidak ada lagi kelemahan material  pada tanggal 31 Desember, 2010.

“Fokus kami untuk 2011 adalah terus membangun dan melanjutkan momentum baik ini di semua pasar. Kami optimistis kuartal pertama tahun ini akan mengawali awal yang baik tahun ini,” ujar Chris Liddell, Vice Chairman and Chief Financial Officer GM.
(A038/A038/BRT)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011